Program NUFRep Sejumlah Titik Kawasan di Banjarmasin Terus Dilakukan Bertahap | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 16 Maret 2024

Program NUFRep Sejumlah Titik Kawasan di Banjarmasin Terus Dilakukan Bertahap

BERITABANJARMASIN.COM - Program penanganan banjir, National Urban Flood Resilience Project (NUFReP) di sejumlah titik kawasan di Banjarmasin terus dilakukan.

Adapun sungai yang akan ditangani dalam program NUFReP itu mulai dari Sungai Veteran, Sungai Guring dan Sungai Ahmad Yani.

Diketahui, Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin mendapat dana bantuan dari Bank Dunia melalui Kementrian PUPR sekitar Rp1 triliun.

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina mengatakan Pemkot Banjarmasin melakukan pembebasan lahan dengan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sekitar Rp40 miliar.

"Dikucurkan anggaran tahun ini total sekitar Rp200 miliar untuk siring, turap, dan penguatan tebing dari dana pusat," sebutnya, Kamis (14/3/2024).

Secara bertahap lanjut Ibnu, anggaran tersebut akan digelontorkan untuk program ketahanan kota terhadap banjir melalui normalisasi sungai itu selama pembangunan berjalan hingga 2027 mendatang.

Hal itu merupakan bentuk keseriusan pemerintah kota dalam penanganan banjir. Ditambah dengan adanya bantuan langsung dari Bank dunia, membuat program revitalisasi sungai diharapkan bisa berjalan dengan baik.

"Mudah - mudahan lah ini bisa dirasa manfaatnya oleh masyarakat," harapnya.

Diketahui sebelumnya Kepala bidang Sungai (Kabid) Dinas PUPR Banjarmsdin, Hizbul Wathony membeberkan pembebasan lahan yang sudah dibayarkan baru di kawasan Sungai Bilu dan Sungai Gardu.."Sekitar Rp10 miliar lebih sudah dibayarkan," ucapnya.

Pembayaran selanjutnya akan dilakukan di akhir tahun mendatang sekitar Rp20 miliar di kawasan Sungai Pekapuran, Sungai Guring termasuk Sungai Veteran.

Dimana dari pembebasan lahan itu, akan dibangun rumah pompa dan pintu air di 2024 mendatang di tiga titik yakni di muara Sungai Pekapuran, muara Sungai Bilu dan muara Sungai Gardu yang langsung berhubungan ke Sungai Martapura.

"Mudah-mudahan tiga lokasi itu di tahun depan sudah bisa kelihatan, paling tidak pengaturan air di jalan kota bisa maksimal," pungkasnya. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner