Apa Maksud Dari Kode Plat Kendaraan “DA” Kalimantan Selatan? | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 23 Desember 2021

Apa Maksud Dari Kode Plat Kendaraan “DA” Kalimantan Selatan?

 


Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) untuk kode wilayah DA yang berlaku di Kalsel hingga saat ini memunculkan banyak pendapat. Ada yang berpendapat DA adalah “Dayak Asli”. Ada juga yang berasumsi DA adalah “Daerah Air”.

Ada juga yang berpendapat DA adalah singkatan dari “District Amandit”. Sayangnya semua itu hanya dugaan tanpa pembuktian berdasarkan sejarah hingga terkesan seperti sekedar pendapat yang dibuat buat.

Apakah DA itu singkatan? Jawabannya tidak. DA hanya merupakan kode huruf semata berdasarkan urutan yang sudah ditetapkan pemerintah Hindia Belanda. DA bukanlah singkatan “Dayak Asli”, ‘Daerah Air”, atau District Amandit”. Dalam buku “Handboek voor automobilisten en motorwielrijders, Deel I, tidak ada penjelasan bahwa DA adalah singkatan.

Ada pula dugaan lain yang menyatakan bahwa DA dipilih sebagai kode wilayah karena keberadaan tokoh Belanda yang bernama F.N. Nieuwenhuyzen. Hal ini berdasarkan saat pengumuman penghapusan Kesultanan Banjar pada 11 Januari 1860. Lalu Wilayah Borneo Selatan dipimpin oleh F.N. Nieuwenhuyzen tadi. Dia adalah adalah Residen Soerakarta yang merangkap sebagai residen di Borneo Selatan.

Setelah ditelusuri, ternyata kode plat kendaraan di Soerakarta adalah AD. Maka muncul lah pendapat bahwa kode DA di Kalsel adalah kebalikan kode AD di Surakarta. Hal ini karena Nieuwenhuyzen menjabat kedua daerah tersebut sejak 1860. Sebagai penguasa Nieuwenhuyzen memiliki kuasa dalam menentukan kode wilayah kendaraan bermotor.

Untuk menyeragamkan kode kendaraan kedua wilayah tersebut, Nieuwenhuyzen diduga “menyeragamkan” kode kedua wilayah itu . Supaya tidak sama persis, maka kode Surakarta (AD) dibalik menjadi DA untuk Borneo bagian selatan.

Sayangnya pendapat ini agak lemah. Karena pemakaian kode DA untuk wilayah Borneo Selatan berlaku sejak 1920. Sedangkan Nieuwenhuyzen meninggal pada 6 November 1892. Inilah kelemahan dari pendapat tersebut.

Sumber : Buku “BANDJARMASIN TEMPO DOELOE” karangan Mansyur, S.Pd, M.Hum, Sub Judul “Kode Pelat Kendaraan DA di Kalimantan Selatan : Catatan Sejarah yang Terpinggirkan", Halaman 56

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner