Tim Dosen ULM Beri Pelatihan Pemanfaatan Barang Bekas Menjadi Alat Permainan Edukatif | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Minggu, 25 September 2022

Tim Dosen ULM Beri Pelatihan Pemanfaatan Barang Bekas Menjadi Alat Permainan Edukatif

BERITABANJARMASIN.COM - Universitas Lambung Mangkurat (ULM) mengadakan pelatihan pemanfaatan barang bekas menjadi alat permainan edukatif bagi siswa PAUD, Sabtu (23/7/2022). 

Pelatihan yang menjadi bagian dari Program Dosen Wajib Mengabdi dilaksanakan di Kota Barabai dan diikuti 40 guru dari dua sekolah yaitu PAUD Al Khair dan TK Bina Insan.

Kegiatan ini digagas oleh DR Sakerani, Dra Ike Hananik, MPd, Faqihatuddiniyah, MPd, dan Dessy Dwitalia Sari, MPd yang merupakan kolaborasi dosen PG PAUD dan PGSD. Kegiatan pelatihan dibuka oleh Kepala Sekolah PAUD Al Khair Barabai sebagai perwakilan kedua sekolah.

"Kota Barabai dipilih menjadi tempat pelatihan dilatar belakangi peristiwa banjir yang sempat merendam daerah ini," ujar Dessy Dwitalia Sari.

Pelatihan ini bertujuan mengajarkan kepada guru dan anak usia dini untuk lebih menjaga lingkungan dengan memanfaatkan limbah barang bekas menjadi barang yang berdaya guna.

Dra. Ike Hananik sebagai salah satu narasumber Alat Permainan Edukatif (APE) mengatakan anak-anak memiliki karakteristik yang berbeda satu sama lain. "Mereka unik dan harus dipahami," katanya.

Anak-anak identik dengan meniru dan bermain. Ketika bermain menggunakan media pembelajaran edukatif secara tidak langsung guru memberikan informasi dan pengetahuan yang bermakna pada anak.

Kepala Sekolah PAUD Al Khair Barabai, Muhammad Ramlan menuturkan kegiatan pelatihan seperti ini sangat bagus dan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. "Alat permainan edukatif berbasis kearifan lokal menjadi media pembelajaran dengan memanfaatkan barang bekas yang banyak tersedia disekitar siswa," ucap Ramlan.

Guru yang telibat sangat antusias dalam mengikuti pelatihan pembuatan alat permainan edukatif (APE) dan berharap akan ada pelatihan-pelatihan lain yang mendukung proses pembelajaran menjadi lebih baik. (adv/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner