FEATURE: Berdayakan Desa, Rumiyati Manfaatkan Jeruk Siam Banjar Jadi Es Krim Antani | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Selasa, 09 Agustus 2022

FEATURE: Berdayakan Desa, Rumiyati Manfaatkan Jeruk Siam Banjar Jadi Es Krim Antani

Sudah empat tahun Rumiyati membuat terobosan baru melalui badan usaha milik desa (BUMDesa) Berkah Bersama mengelola jeruk menjadi olahan es krim yang kini menjadi produk unggulan di desanya.

Maya Andriani, Banjarmasin | BeritaBanjarmasin.com

Tepatnya pada 2018, Rumiyati mulai mengembangkan olahan jeruk serta memasarkan produk unggulannya yang diberi nama es krim Antani, singkatan dari anak petani. 

Dalam pembuatan es krim ini kata Rumiyati menggunakan Jeruk Siam Banjar yang merupakan buah asli yang ditanam dan diberdayakan di Desa Karang Bunga, Kabupaten Barito Kuala. Selain sebagai inovasi bagi desa juga untuk memberikan nilai tambah pada Jeruk Siam Banjar tersebut. "Kami menggunakan jeruk siam banjar asli ditanam dan diolah dari Desa Karang Bunga juga," ujarnya.

Menurutnya sementara ini produk es krim jeruk ini dijual di event kedinasan dan acara kunjungan tamu di desa-desa. Ia mengatakan sudah mengantongi sertifikat halal serta memiliki izin BPOM.

Adapun untuk produk ini dipasarkan perwadah kecil atau cup kecil dengan harga Rp3.000, rasanya yang manis dan segar membuat es krim ini banyak diminati tidak hanya anak-anak namun hingga orang dewasa.

Perempuan berusia 38 tahun ini pun sempat tampil memasarkan produknya pada Expo BUMDes yang digelar 6--7 Agustus 2022 di Atrium Hall Duta Mall Banjarmasin. Produk unggulan ini kata dia  masih dalam skala kecil dan sudah dipasarkan di sekecamatan Barito Kuala. "Kalau kami ke Banjarmasin kecuali kalau ada event seperti expo ini, kami membawa 300 cup," ujarnya ditemui di Banjarmasin.

Rumiyati menjelaskan proses pengolahan jeruk siam ini hingga menjadi produk es krim. Di awal menurutnya disiapkan terlebih dulu susu full cream kemudian di mixer dan dicampur perasaan air jeruk dan selang beberapa menit dicampur lagi dengan tepung meizena yang sudah dimasak dicampur dengan gula sedikit. proses ini dilakukan kurang lebih 15 -20 menit. 

Setelah itu baru dimasukkan ke dalam plastik dan didiamkan di frezeer sampai kurang lebih 12 jam. Kemudian dicampur Sp dengan jumlah sedikit di frezeer kurang lebih 15-20 menit. Setelah itu kemudian dimasukkan ke dalam cup dan siap dipasarkan. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner