Masuk Pengurus JKPI, Wali Kota Ibnu Sina: Tahun Ini Museum Baru di Banjarmasin Akan Dibuka | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 19 Januari 2022

Masuk Pengurus JKPI, Wali Kota Ibnu Sina: Tahun Ini Museum Baru di Banjarmasin Akan Dibuka

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina

BERITABANJARMASIN.COM - Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina menjadi salah satu anggota kepengurusan Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) yang beranggotakan 33 kota di Indonesia.

Ibnu menerangkan bahwa ada sebanyak 74 kabupaten/kota di Indonesia yang mempunyai potensi sejarah warisan dunia. Untuk itu kota - kota yang memiliki warisan sejarah dibuat semacam jaringan. "Tidak semua kota di Indonesia masuk dalam JKPI," ujarnya, Rabu (19/1/2022).

Banjarmasin lanjutnya, sudah berusia 495 tahun, memiliki warisan budaya yang beragam. Di 2019 bahkan sudah melakukan kerja sama dengan pemerintah Belanda.

Ia juga menjelaskan Pemkot Banjarmasin bisa bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk melestarikan warisan sejarah dan budaya agar tetap dijaga, namun pembangunan bisa dilaksanakan.

Artinya tidak semua bangunan tua bisa diruntuhkan, tidak semua tempat bersejarah dibabat habis hanya untuk kepentingan pembangunan. Sehingga nilai sejarah bisa hilang. "Banjarmasin akan kami lengkapi dengan adanya museum," ucapnya.

Museum tersebut rencananya bakal dibuka tahun ini, yang berada di kawasan Muara Kelayan, Banjarmasin Selatan. Ia berharap Banjarmasin bisa melaksanakan event yang digelar oleh JKPI sebelumnya seperti rakernas maupun kongres tahun ini maupun tahun mendatang.

Jaringan Kota Pusaka Indonesia (disingkat JKPI) merupakan sebuah jaringan antarkota di Indonesia. Untuk diketahui Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) didirikan dengan tujuan menjaga kelestarian benda cagar budaya (BCB) peninggalan sejarah di Indonesia. 

Selain itu, Jaringan Kota Pusaka Indonesia sangat penting dalam upaya sosialisasi peraturan perundang-undangan tentang perlindungan benda cagar budaya (BCB). (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner