BERITA SORE: Rabu 19/1/2022 | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 19 Januari 2022

BERITA SORE: Rabu 19/1/2022

 

Kolam Pengendali Air Seluas 60 Hektare Segera Dibangun Di HST



BERITABANJARMASIN.COM - Sebagai upaya mengantisipasi banjir, Pemprov Kalsel akan segera membangun kolam pengendali air. 

Staf Ahli Gubernur Kalsel Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Faried Fakhmansyah mengatakan pembangunan kolam pengendali air ini akan dibangun di atas tanah seluas 60 hektare di Kabupaten HST. Tepatnya di Kecamatan Barabai dan Kecamatan Batu Benawa. 

Diharapkan dengan dibangunnya kolam pengendali air ini nantinya mampu menampung jutaan liter air pada saat musim hujan. "Kita terus mendiskusikan dengan pusat apa saja langkah langkah yang bisa dilakukan untuk menanggulangi banjir di Kalsel dengan baik," ujarnya, Rabu (19/1/2022)

Rencananya pembangunan kolam pengendali air ini mulai dibangun di 2022 dan diperkirakan selesai di 2024. Ia juga menambahkan sementara ini untuk pembangunan bendungan Pancur Hanau di kawasan Pegunungan Meratus masih dalam proses menunggu keputusan dari pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian PUPR. "Kalau perkembangan bendungan Pancur Hanau masih menunggu instruksi pemerintah pusat belum ada perkembangan," tuturnya. 

Disamping itu Pemprov Kalsel juga terus berupaya mengusulkan untuk segera dilakukan pembangunan bendungan Pancur Hanau. "Jadi kita menghormati kewenangan itu dan kita tunggu," pungkasnya. (fitri/sip)


Pembangunan Jembatan Kembar Sulawesi Banjarmasin Dilanjutkan April 2022



BERITABANJARMASIN.COM - Dinas PUPR Kota Banjarmasin merencanakan pembangunan kembali Jembatan Kembar Sulawesi di Jalan Masjid Jami, Banjarmasin Tengah April 2022.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Rini Subantari menerangkan proyek pembangunan jembatan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Rp16 miliar lebih yang telah diusulkan tahun lalu. "Pembangunan jembatan kembar kami lanjutkan tahun ini," ujarnya, Rabu (19/1/2022).

Sebelumnya pembangunan jembatan juga menggunakan dana DAK yang terpaksa harus dikembalikan ke pemerintah pusat karena pandemi Covid-19. Sehingga pembangunan jembatan tersebut terpaksa sempat tertunda.

Rini mengatakan lanjutan pembangunan duplikat jembatan tersebut didukung dengan pembebasan lahan di kawasan sekitar. "Kemudian kami melakukan pelebaran dan pengaspalan jalan," kata ia.

Hal tersebut merupakan bagian dari upaya pemerintah kota untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat. Apalagi mobilitas di kawasan tersebut cukup tinggi sehingga sering terjadi kemacetan. (arum/maya)


Warga Protes Rencana Revitalisasi Pasar Batuah Banjarmasin



BERITABANJARMASIN.COM - Revitalisasi Pasar Batuah Banjarmasin menuai protes dari warga yang bermukim di kawasan pasar tersebut. Mereka menganggap revitalisasi tidak menguntungkan, karena tak memberi ganti rugi.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin, Ichroom Muftezar menerangkan pihaknya berupaya melakukan mediasi dengan warga pasar. "Sudah direncanakan namun ditunda karena beberapa warga berhalangan hadir," terangnya, Selasa (18/1/2022).

Tezar mengatakan pemkot memiliki sertifikat lengkap kepemilikkan lahan Pasar Batuah. Sehingga memiliki landasan hukum kuat untuk melakukan pembebasan lahan. "Februari kita akan sosialisasi tatap muka langsung," ujarnya.

Selama ini sosialisasi dilakukan melalui media sosial dan pemberitaan media. Dalam mediasi tersebut diharapkan ada kesepakatan bersama untuk menemukan solusi polemik pembebasan lahan dan revitalisasi pasar itu.

Sebelumnya, Lurah Kuripan, Yoyok Hardiyanto menyampaikan warga pasar sempat mendatangi langsung kantor kelurahan. Kedatangan warga menyampaikan keberatan akan revitalisasi pasar yang dimulai proses lelang pada Maret 2022. "Intinya warga ingin bertemu langsung dengan pemkot," pungkasnya. (arum/sip)


Masuk Pengurus JKPI, Wali Kota Ibnu Sina: Tahun Ini Museum Baru Di Banjarmasin Akan Dibuka



BERITABANJARMASIN.COM - Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina menjadi salah satu anggota kepengurusan Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) yang beranggotakan 33 kota di Indonesia.

Ibnu menerangkan bahwa ada sebanyak 74 kabupaten/kota di Indonesia yang mempunyai potensi sejarah warisan dunia. Untuk itu kota - kota yang memiliki warisan sejarah dibuat semacam jaringan. "Tidak semua kota di Indonesia masuk dalam JKPI," ujarnya, Rabu (19/1/2022).

Banjarmasin lanjutnya, sudah berusia 495 tahun, memiliki warisan budaya yang beragam. Di 2019 bahkan sudah melakukan kerja sama dengan pemerintah Belanda.

Ia juga menjelaskan Pemkot Banjarmasin bisa bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk melestarikan warisan sejarah dan budaya agar tetap dijaga, namun pembangunan bisa dilaksanakan.

Artinya tidak semua bangunan tua bisa diruntuhkan, tidak semua tempat bersejarah dibabat habis hanya untuk kepentingan pembangunan. Sehingga nilai sejarah bisa hilang. "Banjarmasin akan kami lengkapi dengan adanya museum," ucapnya.

Museum tersebut rencananya bakal dibuka tahun ini, yang berada di kawasan Muara Kelayan, Banjarmasin Selatan. Ia berharap Banjarmasin bisa melaksanakan event yang digelar oleh JKPI sebelumnya seperti rakernas maupun kongres tahun ini maupun tahun mendatang.

Jaringan Kota Pusaka Indonesia (disingkat JKPI) merupakan sebuah jaringan antarkota di Indonesia. Untuk diketahui Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) didirikan dengan tujuan menjaga kelestarian benda cagar budaya (BCB) peninggalan sejarah di Indonesia. 

Selain itu, Jaringan Kota Pusaka Indonesia sangat penting dalam upaya sosialisasi peraturan perundang-undangan tentang perlindungan benda cagar budaya (BCB). (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner