Rencana Sistem Pintu Air dan Pompa di Kanal Veteran Banjarmasin Dianggap Jadi Solusi Banjir | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 20 Januari 2022

Rencana Sistem Pintu Air dan Pompa di Kanal Veteran Banjarmasin Dianggap Jadi Solusi Banjir

BERITABANJARMASIN.COM - Keseriusan Pemkot Banjarmasin dalam menanggulangi bencana banjir terus dilakukan dengan menggandeng Balai Sungai Regional Kalimantan III untuk pelaksanaannya.

Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina memaparkan titik yang akan dilakukan penanganan segera yakni kawasan Jalan Veteran. "Kanal Veteran ini menjadi perhatian sesuai dengan arahan Menteri PUPR," terangnya, Kamis (20/1/2022).

Sebelumnya pihaknya telah menyampaikan persoalan banjir di Banjarmasin akan bisa berkurang bahkan dicegah jika pemkot bisa melakukan normalisasi terutama kanal Veteran. Agar secara fungsional bisa berfungsi dengan baik, kemudian kawasan Sungai Guring dan Kanal Sungai Sutoyo dan sekitarnya.

Wali kota dua periode ini menjelaskan untuk desainnya sendiri pihaknya akan tetap menggunakan desain yang sudah disampaikan tahun 2016 lalu. Pemkot lanjutnya, komitmen melanjutkan pembebasan lahan, dari Jalan Kuripan sampai ke Jalan Sungai Lulut.

Sehingga jika terjadi lagi banjir seperti 2021 lalu, maka kanal Veteran bisa menampung sekitar 35 juta meter kubik dan bisa keluar melalui pembuangan air. "Itu sangat fungsional sekali, pilihannya sistem pintu air dan pompa," katanya lagi.

Dua titik sistem pintu air dan satu titik sistem pompa. Sedangkan untuk Sungai Guring melalui kawasan Pekapuran agar bisa berfungsi dengan baik setelah dilakukan normalisasi sungai. "InsyaAllah itu sangat membantu wilayah Banjarmasin supaya tidak banjir lagi," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Balai Sungai wilayah Kalimantan III kalsel, Fikri menambahkan proyek yang akan dilaksanakan di 2023 mendatang tersebut sebagai bentuk perhatian dari pemerintah pusat dalam menanggulangi bencana banjir. "Normalisasi sungai ini diharapkan bisa mencegah terjadinya banjir lagi," pungkasnya. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner