Puncak Peringatan Harijadi Kota Banjarmasin Wali kota dan Wawali Sambangi Museum Sultan Suriansyah | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 24 September 2021

Puncak Peringatan Harijadi Kota Banjarmasin Wali kota dan Wawali Sambangi Museum Sultan Suriansyah


BERITABANJARMASIN.COM - Puncak peringatan harijadi Kota Banjarmasin ke 495 yang berlangsung di dua tempat yakni di pemakaman Sultan Suriansyah dan di Kantor DPRD Kota Banjarmasin, dilaksanakan secara sederhana dan mengikuti aturan protokol kesehatan.

Namun, ada yang menarik dalam peringatan tahun 2021 ini, saat berziarah di makan Raja Banjar tersebut,Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina dan Wakil Walikota Banjarmasin, H Arifin Noor, secara spontan menyambangi museum Sultan uriansyah yang berlokasi di komplek pemakaman tersebut di kawasan Jalan Kuin, Kecamatan Banjarmasin Utara.

Kedua pemimpin Bumi Kayuh Baimbai ini sengaja datang ke tempat bersejarah itu untuk melihat kondisi terkini museum tersebut. 

"Kita Maninjau ke museum makam Sultan Suriansyah, yang sekitar 2 bulan yang lalu kondisinya sangat sangat memprihatinkan,  Alhamdulillah sekarang sudah dalam kondisi yang bagus, tertata rapi, koleksinya juga sudah semakin lengkap,” ungkap H Ibnu Sina

Dikatakannya, keberadaan sebuah museum sangat penting bagi sebuah kota, selain sebagai simbol peradaban, juga sebagai salah satu cara menghargai perjuangan para pendiri daerah ini adalah dengan memperhatikan serta menjaga seluruh peninggalannya.  

“Begitulah cara kita untuk memuliakan Sultan Suriansyah dan seluruh pendiri Kota Banjarmasin, dan peninggalan-peninggalan juga harus kita lestarikan terutama koleksi-koleksi yang ada di pihak juriat atau pihak keluarga,” ujarnya, Jumat (24/09).

Ia berharap, selain pemerintah, seluruh lapisan masyarakat Bumi Kayuh baimbai juga ikut berkontribusi menjaga,  memelihara dn memuliakan seluruh peninggalan Sultan Suriansyah. “Mudah-mudahan warga di sini dan juga pihak-pihak yang sudah berkontribusi menjaga, memuliakan tempat ini bisa bersatu. Spiritnya, kita menghormati, memuliakan para pendiri kota, kesultanan Banjar itu pengaruhnya luar biasa, bukan hanya di Pulau Kalimantan bahkan sampai ke luar pulau Kalimantan,” tandasnya

Sementara itu, saat rapat paripurna istimewa dalam rangka peringatan Harijadi Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina dan H Arifin Noor, menyerahkan bantuan kepada keluarga tenaga kesehatan  yang dalam masa pandemic Covid-19 ini meninggal dunia lantaran terpapar virus mematikan tersebut.
Dalam sabutannya, H Ibnu Sina memaparkan tentang rencana pembangunan yang akan dilaksanakan, di perode kedua kepimpinannya.

Untuk itu, ia mengajak seluruh komponen masyarakat  agar menjadikan harijadi Kota Banjarmasin ke-495 tahun 2021 ini, sebagai momentum untuk memicu dan memacu semangat, serta menjadi motivasi  untuk membangun kota banjarmasin lebih baik lagi.
Lebih rinci dikatakannya, hal utama yang harus dilaksanakan adalah pembenahan sungai-sungai. 
Selain itu, meningkatkan pertumbuhan wirausaha    baru yang kreatif dan inovatif, digitalisasi umkm dan pemasaran produk umkm, dan pelayanan publik yang cepat dan mudah dengan program smart city. (Adv)


 

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner