Walikota Lepas Bibit Ikan Papuyu dan Lele H Ibnu Sina : Aksi Ini Simbol Komitmen Bersama | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 25 September 2021

Walikota Lepas Bibit Ikan Papuyu dan Lele H Ibnu Sina : Aksi Ini Simbol Komitmen Bersama


BERITABANJARMASIN.COM - Sejuta bibit Ikan Papuyu (anabas testudineus) dan ratusan bibit Ikan Lele (clarias) dilepas secara simbolis oleh Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina, dan para pejabat lingkup Pemko Banjarmasin serta komunitas lingkungan hidup Kota Banjarmasin, di Sungai Veteran, Banjarmasin.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian aksi bersih-bersih yang dilaksanakan Pemko Banjarmasin sebagai tanda syukur atas bertambahnya usia Bumi Kayuh Baimbai, yang pada tanggal 24 September tadi berusia 495 tahun.

Selain menebar bibit ikan, dalam kegiatan bersih-bersih di sepanjang Sungai Veteran itu juga dilaksanakan pengukuhan pengurus Komunitas Balingai (Banjarmasin Peduli Sungai), serta penandatanganan komitmen bersama meharagu (menjaga-red) dan melestarikan sungai-sungai yang ada di kota ini. 

"Aksi bersih-bersih Sungai Veteran ini simbol komitmen bersama untuk menjaga sungai-sungai kita agar tetap berfungsi. Jadi kita awali dari Sungai Veteran. Kita berharap aksi membersihkan kawasan ini menjadi sebuah pesan agar kita merawat dan menjaga sungai, dan untuk keberlanjutannya saya juga mengukuhkan komunitas peduli sungai, yang terdiri dari tokoh masyarakat dan  warga,” ujar H Ibnu Sina, Sabtu (25/09). 

Masih menurut H Ibnu Sina, kegiatan aksi bersih-bersih ini merupakan bagian dari program normalisasi sungai yang sudah direnvcanakan Pemko Banjarmasin.

Bahkan, ucap orang nomor satu di Bumi Kayu Baimbai ini lagi, agar program tersebut berjalan maksimal, dalam waktu dekat di kawasan Sungai Veteran, Sungai Ahmad Yani, Sungai Guring dan beberapa sungai yang menjadi target program normalisasi sungai akan diturunkan alat berat seperti excavator, untuk mempercepat pengerjaan program tersebut.

Sehingga, lanjutnya, bila terjadi hujan lebat, sungai-sungai tersebut bias berfungsi dengan baik.
Saat ini, di kawasan Ibukota Provinsi Kalsel ini tercatat 200 sungai yang terdiri atas sungai besar dan sungai kecil.

Sungai-sungai tersebut dijaga oleh 52 orang pemangku sungai yang berada di masing-masing kelurahan di kota ini, dan dibantu sekira 500 orang Satgas Kebersihan yang tersebar di 52 kelurahan, serta 5 orang pasukan turbo di setiap kecamatan.
Dengan keterbatasan tenaga itulah, H Ibnu Sina dalam kesempatan tersebut mengajak seluruh lapisan masyarakat kota berjuluk seribu sungai, agar memiliki rasa cinta dan peduli, serta sama-sama menjaga dan merawat sungai yang telah menjadi urat nadi kehidupan warga kota ini sejak ratusan tahun lalu. 

“Ayo,  dimanapun kita berada, kita bisa berperan, kita bisa, sekecil apapun peran kita, paling tidak kita tidak membuang sampah ke sungai itu yang paling sederhana. Ayo membuat kelompok peduli lingkungan,” katanya.

Mudah-mudahan, harapnya lagi, kegiatan aksi bersih-bersih ini menjadi semangat baru bagi seluruh lapisan masyarakat, untuk sama-sama peduli dengan lingkungan dan peduli dengan kebersihan sungai, sesuai visi dan misi yang masuk dalam satu dari tiga prioritas pembangunan di kota ini. “Mudah-mudahan ini menjadi sebuah semangat baru, sepirit baru di harijadi Kota Banjarmasin yang ke 495,” pungkasnya.

Sementara itu, di tempat terrpisah, Wakil Walikota Banjarmasin, H Arifin Noor juga melaksanakan aksi bersih-bersih sungai veteran, tepatnya di perempatan Jalan Gatot Subroto Banjarmasin. (Adv)


 

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only