Pemenang Grand Final Duta GenRe, Nu'man dan Erlena Fokus Tangani Stunting di Kalsel | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 27 September 2021

Pemenang Grand Final Duta GenRe, Nu'man dan Erlena Fokus Tangani Stunting di Kalsel

BERITABANJARMASIN.COM - Ajang Grand Final pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) menjadi hari yang spesial bagi Muhammad Nu'man Akmal dan Erlena Santi. 

Kedua mahasiswa itu dinobatkan sebagai Duta GenRe Kalsel 2021 setelah dinobatkan sebagai terbaik pertama GenRe Kalsel kategori putra dan putri pada ajang bergengsi tersebut.

Kepala Perwakilan BKKBN Kalsel,  Ramlan, berharap dengan terpilihnya Duta GenRe Tahun Kalsel 2021 diharapkan mampu sebagai penyambung lidah dari BKKBN Kalsel, khususnya untuk menyiapkan kehidupan berkeluarga bagi remaja agar tidak menikah pada usia dini.

"Termasuk tentang stunting, jadi kami harapkan duta GenRe tahun 2021 selain jadi duta Genre tapi juga duta stunting," kata dia, Sabtu (25/9/2021).

Dikatakannya stunting sangat merugikan sekali terhadap bangsa Indonesia. Hal ini mengingat otak anak stunting hanya 35 persen saat usia dua tahun.

Disamping itu juga anak dengan stunting tidak bisa bersaing mendapatkan pekerjaan, dimana penyebaran stunting selama ini yaitu gizi yang tidak terpenuhi.

"Harapan saya adanya duta GenRe dia mampu memberikan edukasi ke masyarakat selaku penyambung lidah dari Bkkbn," paparnya.

Di kesempatan yang sama pemenang Duta GenRe Kalsel Tahun 2021 kategori putra, Muhammad Nu'man Akmal, asal Banjarmasin yang merupakan mahasiswa aktif di fakultas kedokteran
Universitas Lambung Mangkurat (ULM BJM).

Nu'man mengatakan setelah menjadi duta GenRe langkah awal yang akan memfokuskan permasalahan stunting di Kalsel, disamping itu juga melaksanakan seluruh tanggung jawab lainnya sebagai Duta GenRe.

"Ini pengalaman pertama, karena merasa hal ini bisa menjadi pengalaman bagi saya dan juga sebagai batu loncatan untuk pengalaman lainnya," ungkapnya.

Sementara itu, pemenang Duta GenRe Kalsel Tahun 2021 kategori putri, Erlena Santi dari Hulu Sungai Tengah (HST), mahasiswi sikologi ULM Banjarbaru, siap untuk merangkul seluruh remaja di Kalsel agar dapat menurunkan angka pernikahan dini termasuk stunting dan lain sebagainya. 

"Ini sebagai forum wadah saya menambah pengalaman untuk masa depan dan tentunya agar saya lebih banyak dan lebih luas bertemu dengan orang baru remaja baru," Jarnya.

Disamping itu juga agar menjadi remaja yang bermanfaat dan memiliki fisi yang sama menjadi generasi yang berencana .

Untuk diketahui peserta yang mendaftar pemilihan Duta GenRe Tahun 2021 sebanyak 20 orang terdiri atas 10 orang Putra dan 10 orang Putri dari 13 Kabupaten/Kota.

Kegitan ini di dukung Bank Kalsel. Serta dengan menerapkan protokol kesehatan ketat, dimana peserta diwajibkan untuk Rapid Test Antigen terlebih dahulu, pakai masker, jaga jarak, dengan jumlah penonton terbatas.(fitri/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only