Ketua DPD RI Beri Kuliah Umum di STIE Indonesia Banjarmasin | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 24 Mei 2021

Ketua DPD RI Beri Kuliah Umum di STIE Indonesia Banjarmasin

BERITABANJARMASIN.COM - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI memberikan kuliah umum tentang pengelolaan sumber daya alam yang berkeadialan kepada mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Indonesia Banjarmasin, Senin (24/5/2021).

Ketua DPD RI, AA La Nyalla Mattalitti 
menyampaikan dalam kuliah umum tersebut bahwa julukan Indonesia adalah Zamrud Khatulistiwa adalah benar adanya.

Dimana terbentang sepanjang garis khatulistiwa di wilayah NKRI, Pulau Kalimantan menjadi pulau di Indonesia yang dilalui secara tepat oleh garis khatulistiwa, dan menjadikan Kalimantan titik ekuator NKRI. "Secara iklim intensitas cuaca, curah hujan yang cukup, sehingga seharusnya membawa kemakmuran di dalamnya," kata La Nyalla.

Bahkan dikatakan dia, sumber daya alam (SDA) Indonesia seakan tidak lekang habis dimakan zaman meskipun pernah di eksploitasi besar besaran dalam sejarah era penjajahan portugis VOC Hindia Belanda dan Jepang. "Hingga pengerukan sendiri dari perusahaan nasional menjadi multi nasional," bebernya.

Sehingga menurutnya kita perlu bertanya pada diri masing-masing, sudah kah SDA ini membuat kita makmur dan hidup sejahtera berkeadilan di negeri kita sendiri.

Oleh karena itu, dengan menggalang kesadaran bersama untuk terus menerus bekerja tanpa lelah guna berbuat untuk bangsa dan negara. 

"Karena perubahan adalah keniscayaan selama dilandaskan kebersamaan untuk sesama dalam kebaikan," tutur dia.

Disamping itu, DPD RI juga akan tetap konsisten mengawal kepentingan daerah. "Kami para senator adalah wakil daerah pembela kepentingan daerah dan seluruh stake holder yang ada di daerah," pungkasnya.

Sementara itu, Pj Gubernur Safrizal ZA mengatakan sektor pertambangan dan pertanian menjadi penyumbang angka perekonomian cukup tinggi di Kalsel.

"Kekayaan SDA yang besar baik bersifat bisa di prediksi kapan habisnya maupun yang terus di tingkatkan sebesar-besarnya," bebernya.

Namun, dalam memperbaiki lingkungan yang rusak akibat pertambangan perlu adanya kerjasama antar pemerintah, pengusaha, masyarakat dan lingkungan agar tidak saling menyalahkan.

Dalam sambutannya Ketua STIE Indonesia Banjarmasin, DR Yanuar Bachtiar, mengucapkan terimakasih kepada DPD RI yang sudah berkunjung dan memberikan kuliah umum.

Ia berharap agar sekiranya DPD RI bisa membantu STIE Indonesia Banjarmasin dalam fasilitasi dengan pemerintah pusat dalam proses ubah status menjadi Institut.

"Rasa hormat dan penghargaan setinggi- tingginya kepada rombongan DPD RI dan beserta rombongan PJ Gubernur Kalsel," tutupnya.

Dalam kegiatan ini seluruh tamu yang hadir sebelumnya sudah dilakukan tes swab antigen, selain protokol kesehatan lainnya juga diterapkan dengan baik. (fitri/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only