Peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana, BPBD Kalsel Simulasi Evakuasi Mandiri | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Selasa, 27 April 2021

Peringati Hari Kesiapsiagaan Bencana, BPBD Kalsel Simulasi Evakuasi Mandiri

BERITABANJARMASIN.COM - Dalam rangka memperingati hari kesiapsiagaan bencana 2021, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel simulasikan evakuasi mandiri, Senin (26/4/2021) di eks kantor gubernur, Banjarmasin.

Simulasi diikuti anggota Tim Damkar (Pemadam Kebakaran) dengan melaksanakan simulasi pemadaman kebakaran gedung dilanjutkan dengan simulasi evakuasi korban jiwa .

Penjabat (Pj) Gubernur Kalsel Safrizal ZA mengatakan tujuan dari simulasi atau latihan kesiapsiagaan ini untuk meminimalisir angka korban jiwa dengan cara perencanaan persiapan yang matang dalam menghadapi beragam jenis potensi-potensi bencana. “Artinya kita sudah menyiapkan diri kita untuk menghadapi potensi bencana," terangnya.

Maka, lanjut ia, diharapka  daerah siap menghadapi segala kemungkinan. Dibanding masyarakat yang tidak siaga, lebih sering banyak memakan korban. "Cita-cita kita dalam hari kesiapsiagaan nasional adalah nol korban atau minimum victim," harapnya.

Pj gubernur juga mengatakan urusan kebencanaan dan kebakaran ini adalah urusan wajib pelayanan dasar bagi pemerintahan daerah. Terutama kesiapsiagaan bagi masyarakat dan kelembagaan sipil dan relawan yang masih perlu diperhatikan.

Urusan bencana dan kebakaran menjadi sama pentingnya seperti kesehatan, pendidikan, pekerjaan umum tata ruang, perumahan dan sosial. Penanganan bencana dan kebakaran juga termasuk dalam prioritas anggaran agar dapat memberikan pelayanan terbaik. 

Adapun standar pelayanan kebencanaan dan kebakaran terbagi menjadi tiga jenis, yakin ketersediaan informasi bencana yang memuat tentang informasi penting terkait potensi-potensi bencana masing-masing wilayah dan daerah.

Kedua adalah kesiapsiagaan yang biasanya dilakukan dengan penyusunan rencana kontinjensi berdasarkan tiap-tiap potensi bencana. Dan yang terakhir adalah tanggap darurat dan pasca bencana. 

“Kita sudah apel beberapa bulan yang lalu untuk kesiapan menghadapi karhutla dan untuk saat ini masih zero spot dan mudah-mudahan zero terus," pungkas dia. (fitri/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only