Pengamat Nilai Perlu Hari Libur Khusus Wilayah PSU Pilkada Kalsel dan Banjarmasin | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 14 April 2021

Pengamat Nilai Perlu Hari Libur Khusus Wilayah PSU Pilkada Kalsel dan Banjarmasin

BERITABANJARMASIN.COMAkademisi Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat (ULM), DR Ichsan Anwary berpendapat, untuk menghindari minimnya partisipasi pemilih dalam pemungutan suara ulang (PSU) Pilkada Kalsel maupun Pilkada Banjarmasin perlu ada hari libur khusus.

Sekretaris Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara/Hukum Administrasi Negara Kalsel tersebut mengkhawatirkan jika tidak ditetapkan hari libur akan banyak alasan warga pemilih untuk tidak datang ke TPS, khususnya bagi masyarakat pemilih  yang bekerja, baik di pemerintahan atau swasta. "Harus ada hari libur setempat," ujarnya.

Selain itu pemilih pemula seperti mahasiswa yang harus mengikuti kegiatan kuliah secara daring/online di wilayah PSU perlu diliburkan, sehingga tidak enggan datang ke TPS untuk mencoblos. "Adapun payung hukumnya bisa dengan keputusan dari Pj Gubernur Kalsel," paparnya.

Menurutnya, angka partisipasi yang tinggi  penting di PSU untuk menentukan kualitas demokrasi yang partisipatif.  "Jangan sampai menimbulkan apatisme atau acuhnya warga pemilih. Apalagi jumlah angka PSU ini merupakan angka yang cukup besar dan menentukan," katanya. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner