Banjarmasin Sukseskan Program Penanaman Sejuta Pohon | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 10 April 2021

Banjarmasin Sukseskan Program Penanaman Sejuta Pohon

BERITABANJARMASIN.COM - Gerakan penanaman sejuta pohon yang dilaksanakan serentak di Kalsel juga dilaksanakan Pemkot Banjarmasin.

Bertempat di kawasan Ruang Publik Terbuka Hijau (Taman Kamboja) Banjarmasin Tengah, dari ratusan pohon yang tersedia, satu diantaranya secara simbolis ditanam Pj Sekdakot Banjarmasin, H Mukhyar bersama ASN Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin, Jumat (9/4).

Menariknya, kegiatan tersebut, selain diikuti kelompok pemberdayaan masyarakat, juga diikuti masyarakat umum. 

Bahkan, beberapa anak-anak yang sudah tertarik dengan penghijauan juga terlihat ikut menanam pohon di kawasan tersebut.

Menurut H Mukhyar, selain di Taman Kamboja, kegiatan penanaman pohon itu juga dilaksanakan dibeberapa titik kawasan yanga ada di kota berjuluk seribu sungai.

Ia berharap, kegiatan ini bisa dilaksanakan seluruh lapisan masyarakat, dengan menanam pohon di pekarangan rumah mereka masing-masing.

Dengan keikutsertaan seluruh lapisan masyarakat ini, lanjutnya, gerakan penanaman satu juta pohon ini bisa sukses. “Kita melakukan penanaman dalam rangka kick of  sejuta pohon, diikuti kelompok pemberdayaan masyarakat dan masyarakat sekitar, diharapkan ke ikut sertaan semua stakholder terkait penanaman sejuta pohon ini bisa sukses di Kota Banjarmasin,” ujarnya.

Sementara itu, Komunitas Penggiat Pencinta Alam, Cecep Ramadhani mengajak seluruh lapisan masyarakat di Bumi Kayuh Baimbai untuk mendukung gerakan penanaman sejuta pohon ini.

Ia berahap kegiatan tersebut bukan hanya sekedar simbilisasi saja, tetap dapat dilaksanakan berkesinambungan. “Kami sebagai perwakilan dari komunitas sangat mendukung kegiatan ini, saya berharap kegiatan ini tidak hanya simbolis, tetap bisa dilaksanakan berkesinabungan dan diikuti seluruh lapisan masyarakat,” ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut, bibit pohon penghinjauan  yang ditanam H Muhkyar bersama Komunitas, ASN dn masyarakat terdiri dari Pohon Mahoni, Pohon Alpukat, Pohon Tanjung dan Pohon Flamboyan.

Untuk diketahui, penanaman sejuta pohon merupakan program yang selalu dicanangkan di setiap daerah. 

Program ini dilakukan untuk menjaga lingkungan dari polusi udara yang dari hari ke hari semakin tidak terkontrol.
Dengan adanya gerakan ini diharapkan polusi udara akan diserap oleh pohon-pohon hijau. (adv/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner