Pj Gubernur Kalsel Siap Datangkan Dokter dari Jawa untuk Anak Hipersomnia di Banjarmasin | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 10 April 2021

Pj Gubernur Kalsel Siap Datangkan Dokter dari Jawa untuk Anak Hipersomnia di Banjarmasin

BERITABANJARMASIN.COM - Pejabat (Pj) Gubernur Kalsel, Safrizal ZA bersama istri mengunjungi kediaman anak penderita hipersomnia yang beralamat di Jalan Pangeran, Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin.

Safrizal juga mengajak Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel H Muhammad Muslim dan pihak RSUD Moch Ansari Saleh.

Kedatangan rombongan Pj Gubernur sekitar pukul 14.00 Wita itu disambut kedua orangtua Echa yaitu Mulyadi dan Lily. 

Safrizal bersama istri prihatin dengan kondisi gadis belia itu dan langsung meminta Kepala Dinkes dan pihak RSUD Ansari Saleh untuk melakukan penanganan  komprehensif  hingga benar-benar bisa disembuhkan. “Kami siap datangkan dokter dari Jawa kalau memang diperlukan," ujar Safrizal, Sabtu (10/4/2021).

Kadinkes Muslim mengatakan, apa yang terjadi pada Echa ini harus ditangani secara komprehensip dan melibatkan banyak dokter. “Kami akan periksa dulu, baru menetukan dokter apa saja yang diperlukan,” ujar Muslim.

Mulyadi menceritakan, anaknya kembali susah bangun beberapa hari terakhir, bahkan saat dibawa ke RSUD Moch Ansari Saleh, kondisinya tetap tidak bisa dibangunkan.

Diceritakan, tertidurnya itu dalam waktu lama bahkan hingga beberapa hari ini bukanlah yang pertama kalinya.

Anak kedua dari empat bersaudara itu pertama kali tertidur panjang pada 2017 silam dan hingga sekarang terbilang lebih 10 kali.

Tak ingin terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, Mulyadi membawanya ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan. Setelah tiga hari dirawat serta diperiksa, anaknya yang belum juga bangun kemudian dibawa pulang.

Selama tujuh hari terlelap, Mulyadi menerangkan terkadang Echa masih melakukan aktivitas mengunyah maupun dan buang air kecil. Namun semua itu dilakukannya sambil tidur, dan tentunya juga dibantu oleh orangtua.

"Misalnya kalau mau makan, kami dudukan dan disuapi ke mulutnya. Kalau benar-benar lapar dia akan mengunyah. Kalau mau buang air kecil biasanya dia gelisah, jadi kita angkat ke WC," katanya.

Ditanya mengenai penyebab yang membuat Echa bisa tertidur pulas hingga berhari-hari itu, Mulyadi pun mengaku tidak mengetahui secara pasti.

Hipersomnia adalah suatu kondisi yang membuat seseorang merasakan kelelahan berlebih di siang hari. Kondisi ini masih dapat terjadi meski telah tidur dalam waktu yang lama.

Hipersomnia dapat juga disebut dengan excessive daytime sleepiness (EDS). Seseorang dikatakan hipersomnia adalah ketika ia mengalami EDS setidaknya selama tiga bulan.

Kondisi ini bisa menjadi gangguan primer dan sekunder. Pada jenis sekunder, hipersomnia merupakan manifestasi dari penyakit lain. Orang yang mengalami hipersomnia sekunder umumnya kesulitan untuk melakukan rutinitas akibat rasa lelah yang begitu parah, sehingga mengganggu konsenterasi. (fitri/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner