ULM Masuk Klaster 2 Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Senin, 21 September 2020

ULM Masuk Klaster 2 Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia

BERITABANJARMASIN.COM - Universitas Lambung Mangkurat (ULM) masuk klaster 2 perguruan tinggi terbaik di Indonesia tahun 2020, Rektor ULM Prof Sutarto Hadi sebut ini adalag kado terbaik Dies Natalis ke-62 ULM.

ULM berhasil meraih peringkat 47 dari 2.136 perguruan tinggi yang aktif di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Walaupun bekerja di tengah pandemi Covid-19, dosen-dosen semakin solid dalam membangun kapasitas diri mereka melalui kegiatan tri dharma perguruan tinggi," ucap Rektor ULM, Prof Sutarto Hadi dalam sambutannya di acara Dies Natalis ke-62 ULM, Senin (21/9/2020) di General Building ULM, Banjarmasin.

Tri Dharma tersebut yakni pendidikan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Sehingga melahirkan lulusan berupa sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kompetensi, siap berkompetisi dan berkolaborasi di dunia kerja.

Terlebih menurutnya kiprah alumni di tengah masyarakat semakin mengharumkan almamater, semakin banyak alumni yang menyatakan kebanggaannya pernah belajar di ULM dan menjadi bagian keluarga besar ULM.

Menirutnya, keberhasilan pembangunan pendidikan di Kalsel tidak terlepas dari dukungan dan komitmen Pemprov Kalsel. "Kado terindah pada dies natalis ke-62 ini, kami persembahkan kepada Gubernur Kalsel Sahbirin Noor," ujar dia.

Adapun indikator dalam klasterisasi perguruan tinggi ada empat, yakni Input, proses, output, dan outcome. "Kedepan indikator ini akan ditambah, yang meliputi kualitas lulusan, kualitas dosen, kualitas kurikulum dan pengajar," terangnya.

Penetapan indikator kinerja utama tersebut mencerminkan semangat kebijakan baru khususnya pendidikan dan kebudayaan, yaitu kebijakan kampus merdeka dan merdeka belajar.

Pada kesempatan ini juga, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya Dies Natalis ke-62 ULM.

"Semoga semakin membangkitkan civitas akademika dan para lulusan ULM untuk memberikan bakti terbaik untuk almamaternya, masyarakat dan Banua Kalsel," ujar dia.

Lebih lanjut, Paman Birin mengungkapkan, ULM sebagai perguruan tinggi negeri tertua di Kalimantan telah memiliki peran besar dalam pembentukan kualitas SDM di Kalsel.

"Lulusan ULM harusnya berkualitas, terampil dan memiliki keahlian dengan tetap mengutamakan keimanan ketakwaan serta akhlak yang baik ketika terjun ke masyarakat," pungkasnya.(Fitri/Puji)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only