Ini Daftar Pasar di Banjarmasin yang Mengalami Pergeseran Operasional Saat PSBB | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Jumat, 24 April 2020

Ini Daftar Pasar di Banjarmasin yang Mengalami Pergeseran Operasional Saat PSBB

BERITABANJARMASIN.COM - Pada penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Banjarmasin, pasar tradisional tetap buka, namun ada pergeseran operasional mulai hari ini (24/4/2020).

Hal itu mengacu pada paragraf keempat Pasal 13 ayat 2, Perwali Nomor 33 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan PSBB dalam Penanganan Virus Corona atau Covid-19.

Kepala Bidang pasar Dinas Perdagin Banjarmasin, Ichrom Muftezar memaparkan, hanya ada pergeseran operasional pasar baik yang menjual bahan pokok maupun pasar menjual kebutuhan sekunder.

Untuk pasar yang buka di pagi hari dari pukul 06.00 hingga 13.00 WITA, sedangkan pasar yang biasa buka sore kini bergeser pukul 14.00 hingga 18.00 WITA. "Langkah ini yang diusulkan dan disetujui melalui perwali yang diterbitkan," ujarnya kepada Beritabanjarmasin.com.

Tezar menyebutkan sekitar 80 pasar baik milik pemkot maupun swasta akan diberlakukan pergeseran jam operasional tersebut pada penerapan PSBB terkecuali dua pasar induk yakni Pasar Antasari dan Pasar Lima. “Karena dua pasar itu menyuplai barang ke pasar-pasar kecil," imbuhnya

Adapun pasar yang masih beroperasi adalah Pasar Abadi Beton (Pasar Lama), Pasar Kuripan, Pasar Telawang, Pasar Gedang, Pasar Pekauman, Pasar Pandu, Pasar Teluk Dalam Muara, Pasar Batuah, Pasar Jahri Saleh, Pasar Cemara, Pasar Banjar Raya, Pasar Teluk Tiram dan Pasar Gawi Manuntung.

Di bawahnya Pasar Ksatrian/Pasar A Yani, Pasar Rawasari, Pasar Amal, Pasar Alalak Utara (HKSN Ujung), Pasar Binjai, Pasar Kayuh Baimbai, Pasar Basirih Selatan, Pasar Sungai Andai dan Pasar Alalak Selatan (Pasar Ferry).

Sedangkan, pasar skala rakyat kecil untuk kebutuhan sekunder mencakup Pasar Baru Permai terdapat Blok Baru Permai, Niaga, Blok Minseng, Blok Kujajing, Cempaka, Anda Optikal, Samping Cempaka dan Eks Pompa Bensin.

Berikutnya di kawasan Pasar Ujung Murung dan Sudimampir Baru mencakup Blok Ujung Murung, Hotel Amandit, Pasar Besar, PKL eks Atap Biru, Atom Kilat, Sudimampir Baru, Kembang dan Keramik.

Sementara di Pasar Sudimampir terdapat Blok Permata dan Blok Hanifah. Begitu pula, Pasar Malabar, Pasar Tungging, Pasar Sudirapi, Pasar Titipan Sepeda, Pasar Cempaka, Blok Taman Sari; PKL Atap Biru, Pasar Blauran, dan Pedagang Jamu Kawasan Pasar Baru.

“Warga diimbau untuk mengunjungi pasar
terdekat dari rumah tempat tinggalnya atau melakukan pembelian melalui aplikasi Acil Asmah,” tegasnya.

Ia pun berharap setiap pemilik usaha di kawasan pasar wajib menyediakan tempat cuci tangan dan sabun atau hand sanitizer, sesuai protokol kebersihan dari Pemerintah agar bisa memutus mata rantai penyebaran Covid-19. (arum/sip)

Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan ya dangsanak BeritaBanjarmasin.com

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only