Setia Budhi: Prof Sutarto Hadi Layak Jadi Menristekdikti | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Sabtu, 15 Juni 2019

Setia Budhi: Prof Sutarto Hadi Layak Jadi Menristekdikti

Prof Sutarto Hadi | foto: dok.ulm.ac.id
BERITABANJARMASIN.COM - Ketua Prodi Sosiologi Fakultas FISIP ULM,  Setia Budhi, berpendapat bahwa Rektor ULM layak menjadi pemimpin Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi-Kemristekdikti RI. Hal ini disampaikannya langsung pada ketika ditemui Jurnalis BeritaBanjarmasin.com, Jumat (14/6/2019).

Menurutnya, di atas proses demokrasi yang berlangsung yang memasuki bagian penting dari bekerjanya sistem dan perundangan di Republik Indonesia. Menjadi catatan tersendiri bahwa setiap perhelatan demokrasi itu sudah dipastikan muncul generasi dan putra terbaik bangsa yang memiliki tujuan yang sama membangun Indonesia lebih baik.

Memperhatikan momentum peran berbegai generasi itu pula, nampaknya bahwa potensi Sumberdaya Manusia di Kalimantan mulai diperhitungkan dalam  kancah politik nasional. "Walaupun harus diakui bahwa prosentasi peran tokoh Kalimatan di kancah nasional tersebut masih terbatas," demikian disampaikan Akademisi ULM tersebut.

Selanjutnya dia mengatakan, masuknya putra terbaik Kalimantan Selatan sejak Orde Lama, Orde Baru dan era Reformasi telah membuktikan bahwa kinerja dan prestasi Urang Banua patut dibanggakan di tingkat Nasional dan Internasional.

Sembari mengingatkan tokoh Banua Prof DR Gusti Muhammad Hatta, Mentri Lingkungan Hidup yang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Riset dan Teknologi RI, dua Kementerian yang sangat bergengsi itu pernah dipimpin urang Banua yang juga Guru Besar ULM itu.

Bukan tanpa alasan, penilaian Prof Sutarto Hadi laik naik menjadi menteri ini karena lelaki kelahiran Banjarmasin dan kini Rektor ULM itu tampil dengan prestasi yang membanggakan. Dengan raihan ULM terakreditasi A, ini merupakan puncak pretasi yang selalu ingin dicapai setiap universitas.
"ULM kini telah sejajar dengan universites-universtas bergengsi di Indonesia. Ini adalah prestasi kemampuan manajemen perguruan tinggi yang tidak mudah dicapai, kecuali dengan komitmen dan integritas yang tinggi," papar jebolan University Kebangsaan Malaysia ini.

Prestasi Guru Besar Matematika yang dipercaya sebagai Wakil Ketua Forum Rektor Indonesia (FRI) di tingkat nasional, tetapi kiprahnya di dunia akademik Internasional sudah pasti akan menjadi bagian penting perjalanan sumbanganya terhadap dunia riset dan pendidikan tinggi di Indonesia.

Gelar MSc dan Doktor (DR) dalam bidang Educational and Training Systems Design dari University of Twente, Belanda, dengan disertasi berjudul Effective Teacher Professional Development for the Implementation of Realistic Mathematics Education in Indonesia, menjadi ukuran kemampuan riset ilmiahnya.

Setia Budhi memaparkan integritas Prof Sutarto Hadi di bidang riset, tidak hanya pada level ASEAN, ia terlibat banyak untuk menyumbangkan keilmuan dan dipresentasikan di Amerika Serikat dan Eropa. Counterpart Training on Lesson Study – JICA, Jepang, Program Academic Recharging (PAR) di University of Colorado, Boulder, Amerika Serikat, pertemuan reguler para ilmuan dunia di Jerman, Siprus dan Kuala Lumpur Malaysia pada level ASEAN.

“Siapapun Presiden yang akan terpilih, sebagian besar rakyat Kalimantan tentu sangat berharap Guru Besar ULM ini, masuk dalam jajaran Kementerian Kabinet RI, disebabkan sumbangan dan loyalitasnya yang kuat terhadap pembangunan Indonesia tidak diragukan lagi”, demikian pungkasnya. (puji/sip)
.

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only