Terobosan Baru, Pemkot Banjarmasin Kembangkan Konsep Kampung Iklim | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 01 April 2019

Terobosan Baru, Pemkot Banjarmasin Kembangkan Konsep Kampung Iklim


BERITABANJARMASIN.COM - Mengulang keberhasilan di Kampung Hijau Sungai Bilu,
Pemkot Banjarmasin melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH), berencana menyulap permukiman di kawasan Surya Gemilang, HKSN Banjarmasin Utara menjadi Kampung Iklim.

Sebuah terobosan baru untuk membangun sebuah kawasan hunian yang ramah lingkungan dan sehat. Merupakan langkah awal yang dilakukan Pemkot Banjarmasin untuk membangun sebuah rumah contoh yang bisa ditiru oleh masyarakat, agar terdorong dalam menciptakan kampung yang akan dinamakan “Kampung Iklim”.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin Mukhyar menjelaskan, dibangunnya Kampung Iklim tersebut bertujuan terbentuknya sebuah kawasan hunian atau lingkungan yang tertata dengan baik dan dapat ditinggali dengan nyaman oleh penghuninya.

“Artinya terpenuhi beberapa standar lingkungan yang baik, berupa drainase yang memadai, pohon-pohon yang banyak dan rindang, serta harus ada tersedia bank sampah,” ungkapnya, Senin (1/4/2019).

Menurutnya lagi dibangunnya kampung iklim tersebut agar tericptanya kampung bersih, mengurangi polusi, serta menjadi acuan pembangunan kawasan ke depan yang bisa ditiru dan dikembangkan lagi.

Sedangkan untuk desain rumahnya sendiri sesuai standar rumah yang ada di Indonesia pada dasarnya harus mampu mengakomodasi iklim yang ada. Mulai tersedianya ventilasi, dan ruang terbuka untuk mendapatkan cahaya. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner