Sah! Kini ULM Punya Tiga Guru Besar Baru, Ini Daftarnya | Berita Banjarmasin | Situs Berita Warga Banjarmasin

Senin, 03 Desember 2018

Sah! Kini ULM Punya Tiga Guru Besar Baru, Ini Daftarnya

BERITABANJARMASIN.COM - Tiga guru besar Universitas Lambung Mangkurat (ULM) resmi dikukuhkan, Senin (3/12/2018). Pengukuhan langsung dilakukan Rektor ULM Prof Sutarto Hadi.  



Tiga guru besar yang baru dikukuhkan ini menambah jumlah total guru besar yang ada di kampus tertua di Kalimantan ini menjadi 43 orang. Setelah sebelumnya ULM memiliki 40 orang guru besar.


Ketiga nama guru besar yang dikukuhkan yaitu Prof Ahmad Suriansyah, dengan judul karya ilmiah Membangun Pendidikan Bermutu Berbasis Budaya Mutu. Kedua, Prof Mijani Rahman, dengan judul karya imiah Pengelolaan Budidaya Perikanan Perairan Umum Berbasis Daya Dukung Perairan untuk Mendukung Pembangunan Perikanan Berkelanjutan. Dan terkahir  Prof Iryanti Fatyasari Nata, dengan judul karya ilmiah Keberagaman Sumber Daya Alam Hayati Sebagai Bahan Dasar Pengembangan Material Maju: Potensi dan Aplikasi di Bidang Rekayasa Biomaterial.


Dalam sambutannya, Prof Sutarto Hadi mengungkapkan bahwa pengukuhan guru besar di lingkup pendidikan, teknik, dan perikanan dan kelautan ini merupakan jawaban atas paceklik guru Besar di tiga fakultas itu.


Prof Sutarto Hadi dalam wawancara bersama media mengungkapkan sebuah universitas seharusnya menimal memiliki 100 guru besar atau profesor. Artinya, profesor seharusnya 10 persen dari jumlah dosen yang ada di kampus. Hal ini dikarenakan menurutnya profesor menunjang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. "Alhamdulillah sekarang ada profesor di 10 fakultas. Mudah-mudahan di Fakultas Kedokteran Gigi kita doakan segera menyusul," ungkapnya kepada BeritaBanjarmasin.com, Senin (3/12/2018).


Ditemui terpisah, salah satu profesor yang dilantik yaitu Prof Ahmad Suriansyah menuturkan rasa syukurnya secara pribadi atas keberhasilan menggapai posisi tertinggi dalam akademik dan berharap penelitian yang ia lakukan dalam segi pendidikan zaman sekarang yang kurang bermutu akan berguna.

  

"Persyaratan sangat berat dan ketat untuk para dosen yang memerlukan kesabaran, perjuangan, dan yang pasti harus mengasah kemampuan kita untuk bisa menembus jurnal international dan segala administrasinya. Tentunya ini merupakan kebanggaan yang luar biasa bagi saya," pungkasnya. (puji/sip)

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
Banner iklan disini