HUT Polantas, Dirlantas Polda Kalsel Gelar Lomba Kampung Tertib Lalu Lintas | Berita Banjarmasin | Situs Berita Warga Banjarmasin

Kamis, 13 September 2018

HUT Polantas, Dirlantas Polda Kalsel Gelar Lomba Kampung Tertib Lalu Lintas

Ditlantas Polda Kalsel lakukan penilaian kampung tertib lalu lintas/beritabanjarmasincom


BANJARMASIN, BBCOM - Ditlantas Polda Kalsel melakukan penilaian terhadap kampung tertib lalu lintas di di Desa Kehimungan, Banua Anyar Banjarmasin, Komplek GCIP Puskopad Banjarbaru, dan di Kampung Tertib Lalu Lintas Komplek Al Jihad Kelurahan Sungai Paring Martapura, Rabu (12/9/2018).

Lomba tertib lalu lintas itu dilakukan dalam rangka HUT Polantas. Kampung tertib lantas merupakan program dari Korlantas Mabes Polri yang dilaksanakan di seluruh Indonesia  untuk memberikan edukasi dan pemahanan berlalu lintas kepada masyarakat dengan tujuan untuk menurunkan jumlah kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Penilaian program ini dilakukan secara langsung tim dari Dirlantas Polda Kalsel, Dishub Provinsi Kalsel dan Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel.

“Kampung Tertib Lalu Lintas ini akan dijadikan pilot project pemolisian masyarakat berbasis Polantas untuk turut serta membantu keamanan dan keselamatan berlalu-lintas,” kata Dirlantas Polda Kalsel Kombes Pol E Zulpan, melalui Kasubdit Gakkum AKBP Afri Dharmawan, dalam keterangan tertulisnya yang diterima BeritaBanjarmasin.com, Kamis (13/9/2018).

Penilaian yang dilakukan oleh Ditlantas Polda Kalsel
Desa Kehimungan dan Kelurahan Sungai Paring dinilai cukup representatif sebagai kampung tertib lantas. Menurut Afri, tujuan akhir dari adanya Kampung Tertib Lalu Lintas adalah menjadikan masyarakat sebagai pelopor keselamatan berlalu-lintas. “Program kampung tertib lantas bermaksud merubah perilaku pengguna kendaraan bermotor di lingkup terkecil yaitu kampung,” beber Afri.

Seperti terlihat memang hampir setiap rumah memberikan edukasi, penerangan, dan rambu-rambu yang sifatnya adalah himbauan kepada warga setempat maupun warga yang datang. Sehingga ini merupakan wujud komitmen dari warga masyarakat setempat. “Kampung ini tidak bisa tercipta tanpa partisipasi dari warganya,” jelas Afri.

Sedang dalam hal perubahan kultur berlalu lintas Ditlantas Polda Kalsel bekerjasama dengan Dinas terkait dengan memberikan penyuluhan dan sosialisasi. Bahkan Ditlantas Polda Kalsel mengadakan kegiatan safety riding untuk meningkatkan kompetensi berkendara. “Harapan kami ke depan bisa menginspirasi kampung-kampung yang lain sehingga menjadi contoh, demikian juga di kabupaten-kabupaten lain,” tandasnya. (edoz/sip)

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only