Puskesmas Mantuil Banjarmasin Resmi Beroperasional | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 04 Mei 2023

Puskesmas Mantuil Banjarmasin Resmi Beroperasional

BERITABANJARMASIN.COM - Lama ditunggu warga, Puskesmas Mantuil Banjarmasin Selatan diresmikan Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina, Rabu (3/5/2023).

Ibnu menyampaikan bahwa peresmian puskesmas yang ke 28 itu proyek pembangunan yang mulai dilakukan sejak 2022 lalu.

"Alhamdulillah hari ini kita meresmikan puskesmas Mantuil yang lama ditunggu warga selama ini," terangnya.

Ibnu juga mengatakan dengan peresmian tersebut bisa membantu warga yang selama ini berobat ke Puskesmas Pekauman yang sudah melayani lima Kelurahan sekaligus.

Puskesmas tersebut melayani Basirih Selatan dan Mantuil, sehingga warga tidak lagi jauh dan mengantri lama jika ingin berobat.

"Dinas kesehatan sesegeranya melengkapi sarana dan prasarana penunjang lainnya," ucapnya.

Sementara itu ada sebanyak 33 Tenaga Kesehatan (Nakes) yang saat ini siap melayani warga berobat.

Rinciannya lima ASN, sisanya dari hasil rekrutmen yang telah dilakukan Dinas Kesehatan. Dimana ada puskesmas dengan anggaran Rp 4,5 miliar itu terdiri dari poli gigi, poli gizi, laboraturium dan poli umum.

"Semoga dalam setahun bisa mencapai target BLUD," ucapnya.

Selain itu ia menyebutkan bahwa pemerintah kota akan mengusulkan perbaikan ke tiga puskesmas. Yakni Puskesmas Cempaka Putih, Kelayan Timur, dan Sungai Bilu di tahun 2024.

Sedangkan ditahun ini ada dua puskesmas diusulkan untuk rehabilitas, Pelambuan dan Pemurus Dalam dengan total anggaran sekitar Rp 12 miliar.

Ia pun berharap puskesmas bisa menjadi pusat pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Sehingga warga sekitar bisa mendapatkan pertolongan pertama baik hanya mencek kesehatan maupun berobat. (arum/maya)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner