Pelayanan Mauntung Berbasis Online, Milik DPMPTSP Banjarmasin Disambut Antusias Warga | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 04 Mei 2023

Pelayanan Mauntung Berbasis Online, Milik DPMPTSP Banjarmasin Disambut Antusias Warga

BERITABANJARMASIN.COM - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTS) Kota Banjarmasin membuka pelayanan Maurus Perizinan Usaha Langsung Tuntung (Manuntung) berbasis Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) di Kantor Kecamatan Banjarmasin Utara.

Masrianto salah satu warga Alalak Utara mengaku langsung mendaftar perizinan pada usaha kuliner miliknya usai mendapatkan informasi dibukanya layanan Manuntung di Kantor Kecamatan Utara.

"Kemarin dikasih tahu RT ada pembikinan usaha perizinan gratis. Makanya hari ini langsung saya datangi untuk mendaftar," ucapnya, Kamis (4/5/2023).

Selain syarat pembuatan izin usaha sangat mudah, prosesnya juga tak perlu menunggu lama karena langsung selesai dalam hitungan menit saja.

"Bagus, prosesnya cepat cuman bawa KTP dan KK. Lima menit prosesnya selesai," tuturnya.

Kepala DPMPTS Kota Banjarmasin, Ari Yani menerangkan program manuntung sudah dilaksanakan kali kelima pada sejumlah titik yang ada di Kota Banjarmasin.

"Pertama kali kita laksanakan di Kecamatan Banjarmasin Utara. Selanjutnya Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kecamatan Banjarmasin Tengah lalu Kelurahan Telawang dan Kembali ke sini," urainya.

Diakuinya, titik pelaksanaan program inovasi dari DPMPTS dilihat dari banyaknya jumlah sasaran yang ada di masing-masing wilayah.

Maka tak heran, pelayanan manuntung dilaksanakan untuk kedua kalinya di Kantor Kecamatan Banjarmasin Utara karena tingginya antusias warga sekitar.

"Masyarakat disini juga banyak yang meminta untuk dilaksanakan lagi. Makanya kami buka lagi," katanya.

Di samping itu, jika dibandingkan mendaftar secara mandiri. Masyarkat lebih tertarik untuk memanfaatkan layanan manuntung.

Bukan tanpa alasan, kebanyakan masyarakat masih gaptek. Hingga perlu pendampingan saat mendaftarkan perizinan usaha.

"Itu kendala kita, tapi dapat teratasi dengan adanya program manuntung ini," ujarnya.

Adapun saat ini, diungkapkannya terdata sudah ada 700 lebih pelaku usaha di kota Seribu Sungai yang telah terdaftar Nomor Induk Berusaha (NIB) dari sasaran ada sekitar 7 ribu.

Sementara itu, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina yang memantau kegiatan itu sangat mengapresiasi karena layanan manuntung sangat sejalan dengan visi misi Baiman dalam memberikan pelayanan mudah dan cepat kepada masyarakat.

"Ini juga upaya kita agar masyarakat yang memiliki usaha bisa terdata dengan baik dan punya izin," ucap Ibnu.
 
Tentunya jika sudah memiliki NIB, maka pelaku usaha akan sangat mudah dalam mengembangkan usaha miliknya karena bisa mengajukan pinjaman ke bank dan bisa ikut program wirausaha Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin.

"Masyarakat kita optimis pulih dari pandemi Covid-19 karena dulu yang sangat berdampak itu para pelaku usaha," tutupnya. (Diskominfotik- Bjm)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner