IKM Kota Banjarmasin Kian Didorong Untuk Ekspor Ke Luar Negeri | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 26 Mei 2023

IKM Kota Banjarmasin Kian Didorong Untuk Ekspor Ke Luar Negeri

BERITABANJARMASIN.COM - Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman membuka Pelatihan "Bagaimana Memulai Ekspor" yang diselenggarakan oleh Pusat Pelatihan SDM Ekspor dan Jasa Perdagangan (PPEJP) Kementerian Perdagangan RI bekerjasama dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin, Selasa (23/05/2023). 

Bertempat di Hotel Roditha Banjarmasin, turut hadir Ketua Tim PPEJP Kemdag RI, Santi Setyastuti, Kepala Disperdagin, Ichrom Muftezar beserta seluruh jajaran terkait. 

Adapun pelatihan yang berlangsung selama 3 hari tersebut diikuti sebanyak 30 pelaku usaha (IKM) binaan yang sudah melewati tahap kurasi. 

Disampaikan Ikhsan Budiman, Kota Banjarmasin sebetulnya punya potensi yang besar untuk melebarkan sayap ke pasar internasional (ekspor produk). Untuk itu, ia berharap kepada para IKM binaan yang terpilih mengikuti pelatihan pada hari ini, agar dapat belajar, implementasi serta menguasai teknik dalam proses ekspor. 

"Pelatihan ini menjadi penting karena terkadang menjadi pertanyaan besar bagi kita bahkan para pelaku usaha ketika hendak memulai ekspor," kata Ikhsan Budiman. 

"Tentang bagaimana prosesnya, lalu kualitas dan standarisasi produk ketika ekspor pun juga harus dicermati," sambungnya. 

Sementara itu, Ketua Tim PPEJP Santi Setyastuti menyambut baik beragam produk yang coba ditampilkan oleh masing-masing pelaku IKM binaan. Ia berharap, dengan adanya pelatihan ekspor tersebut para pelaku usaha bisa naik kelas dan menambat ke pasar ekspor. 

Tak lupa, Ia memberikan beberapa catatan penting mengenai proses sebelum suatu produk siap untuk diekspor. "Harapan kami juga agar temen-temen pelaku usaha bisa naik kelas, tidak hanya didomestik saja," beber Santi.  

"Produk-produknya cukup berpotensi untuk ekspor tentu dengan persyaratan yang harus dipenuhi. Setelah dilihat beberapa, seperti produk (Handycraft kayu) tadi misalnya, itu kayunya harus SVLK. Demikian, juga mengenai identifikasi pasar (mengenali target jatidiri produk)," tutupnya. (Diskominfotik - Bjm)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner