Tingkatkan Wawasan Admin SP4N Lapor Banjarmasin Studi Tiru ke Denpasar | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 26 Mei 2023

Tingkatkan Wawasan Admin SP4N Lapor Banjarmasin Studi Tiru ke Denpasar

BERITABANJARMASIN.COM - Para admin dan pengelola SP4N LAPOR Pemerintah Kota Banjarmasin yang di Komandoi oleh Diskominfotik Banjarmasin melaksanakan Studi Tiru Program SP4N LAPOR ke Diskominfo Kota Denpasar, Kamis 24/05/23.

Rombongan Pemko Banjarmasin yang dipimpin oleh Kepala Diskominfotik Banjarmasin, Windiasti Kartika, S.T, M.T didampingi Kabid Komunikasi Publik, Hj Nurbaiti itu disambut langsung oleh Pengelola SP4N LAPOR Diskominfo Kota Denpasar, Imade Arta Wibawa, S.Kom.

Menurut Imade Arta Wibawa, sejak tahun 2013 integrasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) yang ada di Kota Denpasar mempunyai Aplikasi Pro Denpasar atau Denpasar Prama Sewaka (DPS).

"Jadi terkait dengan integrasi kita dari 2013, kita integrasi dengan SP4N Lapor aplikasi dari Kemenpan RB," ujarnya.

Ia menjelaskan, Diskominfo Kota Denpasar adalah portal utama setiap pengaduan yang masuk dari masyarakat, "SP4N LAPOR kita integrasikan melalui Damamaya Pro Denpasar untuk koordinasi internal pejabat penghubung yang ada di Kota Denpasar," terangnya.

Sementara itu, Windiasti Kartika, ST, MT mengatakan terkait Kunjungan Kerja (Kunker) tersebut banyak hal yang bisa ditiru dan diterapkan oleh Pemerintah Kota Banjarmasin.

"Terkait pengaduan masyarakat melalui SP4N LAPOR Pro Denpasar yang sudah dilakukan oleh Kota Denpasar sejak tahun 2013," ucapnya.

 Windi menyampaikan, hal yang perlu ditiru oleh Pemko Banjarmasin antara lain bagaimana mengintegrasikan seluruh aduan dari masyarakat melalui SP4N LAPOR. 

"Untuk mengintegrasikan seluruh aduan tersebut bisa kita coba dengan membuat aplikasi sendiri yang Denpasar lakukan yaitu Pro Denpasar SP4N LAPOR dengan meminta ke Kemenpan RB, mungkin bisa ditiru," jelasnya.

Maka dari itu, ia berharap masyarakat yang kecendrungan mengadu melalui media sosial pimpinan atau kepala daerah bisa dilatih untuk menyampaikan aduan ke platform resmi, agar masyarakat terbiasa nantinya untuk menyampaikan aduan ke platform-platform yang dimiliki oleh daerah.

"Jadi semua aduan dari masyarakat itu bisa kita pantau progresnya dan ditindaklanjuti oleh SKPD," ungkapnya.

Windi kembali berharap dengan adanya kunker tersebut, admin SP4N LAPOR Pemerintah Kota Banjarmasin bisa membuka wawasan dan juga meningkatkan kinerja teman-teman admin lapor agar lebih cepat untuk menindak lanjuti aduan yang di sampaikan oleh masyarakat.

"Harapannya dengan adanya kunjungan kerja ini kita bisa membuka wawasan kemudian juga meningkatkan kinerja teman-teman admin lapor," tutupnya. (Diskominfotik - Bjm)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner