Lomba Motif Sasirangan Asah Kreatifitas Para Pengrajin | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 10 Maret 2023

Lomba Motif Sasirangan Asah Kreatifitas Para Pengrajin

BERITABANJARMASIN.COM - Plt Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Isa Anshari membuka kegiatan Lomba Motif Sasirangan se-Kota Banjarmasin tahun 2023, berlangsung di Rumah Anno, Siring Banjarmasin, Kamis, 09/03/23.

Turut hadir, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Banjarmasin, Ichrom Muftezar, perwakilan dari Dekranasda Kota Banjarmasin, para juri, jajaran terkait di lingkungan Pemko Banjarmasin dan para peserta Lomba Motif Sasirangan.
 
Isa Anshari menyampaikan, kegiatan tersebut adalah salah satu upaya untuk meningkatkan inovasi dan keterampilan dalam pembuatan desain motif dan teknik jelujur kain sasirangan. 

Melalui lomba tersebut, Ia berharap dapat meningkatkan jumlah wira usaha baru dalam mendukung program Pemerintah Kota Banjarmasin, sekaligus mendukung visi kota Banjarmasin Baiman (barasih wan nyaman) dan lebih Bermartabat.

"Saya secara pribadi sangat mengapresiasi lomba ini, semoga lomba ini dapat meningkatkan semangat berinovasi dan meningkatkan keterampilan dalam membuat desain motif dan jelujur kain sasirangan, guna meningkatkan perekonomian keluarga," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Disperdagin Kota Banjarmasin, Ichrom Muftezar melaporkan bahwa Lomba Desain Motif Sasirangan tersebut sebernya sudah lama berlangsung dari tanggal 31 Januari yang lalu, "Kita sudah mulai sosialisasi, sudah mulai pendaftaran dan segala macam dan juga ada rangkaian kegiatannya juga serta teknikal meeting untuk para juri," jelasnya.
Ia mengatakan, jumlah peserta yang mendaftar kurang lebih 48 peserta, tetapi yang mengembalikan kain sampai dengan batas waktu terakhir pengembalian kain hanya 38 peserta," yaitu terdiri dari 17 peserta untuk pewarna alam dan 21 peserta untuk pewarna kimia, jadi total peserta yang mengembalikan kain sebanyak 38 peserta," terangnya.

Kemudian, Tezar menyampaikan maksud dari kegiatan itu yang pertama, untuk menjadikan pewujudan Disperdagin Kota Banjarmasin kepada para IKN khususnya kepada para pengrajin sasirangan, "Kedua adalah dalam rangka meningkatkan kreativitas dan mengapresiasi kreativitas para pengrajin kita dan yang terakhir adalah Insya Allah yang juara 1 nanti akan diikut sertakan dalam lomba desain motif sasirangan Tingkat Provinsi," ujarnya.

Maka dari itu, Ia berharap kepada para juri bisa nanti menentukan siapa yang benar-benar memiliki design motif yang luar biasa sesuai dengan tema yang sudah ditentukan, "Mudah-mudahan Kota Banjarmasin bisa menduniakan Sasirangan, harapan terakhir UMKM kita di Kota Banjarmasin bisa naik kelas , maju terus UMKM Banjarmasin," pungkasnya. (Adv)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner