Menengok Serunya Kegiatan Wikimedia Indonesia di Kampung Buku Banjarmasin | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 17 September 2022

Menengok Serunya Kegiatan Wikimedia Indonesia di Kampung Buku Banjarmasin

BERITABANJARMASIN.COM - Sejak pagi, Kampung Buku Banjarmasin sudah diramaikan oleh mahasiswa pegiat literasi dan penulis fiksi yang datang dari Banjarmasin dan sekitarnya, Sabtu (17/9/2022).

Mereka juga datang dari Banjarbaru, Martapura dan Pelaihari. Sekitar 17 orang, menghadiri kegiatan literasi yang diselenggarakan oleh Wikimedia bekerjasama dengan Kampung Buku (Kambuk).

Acara dibuka oleh Elis, staf Wikimedia dari Jakarta, mengenalkan sedikit tentang Wikimedia/Wikibuku dan informasi terkait kegiatan hari ini, dimulai pukul 10.30 Wita. 

"Program ini diisi pelatihan menulis karya fiksi (cerpen), kompetisi karya, dan juga bagaimana  bergabung menjadi kontributor Wikibuku," ujarnya.
Selain mengenalkan diri dan lembaga yang menaunginya, Elis juga mengajak peserta pelatihan saling berkenalan. Dari perkenalan ini terkemuka bahwa para peserta dari latar belakang yang beragam, ada yang memang sudah berprofesi sebagai penulis fiksi.

Ada pula mahasiswa Ushuluddin UIN Antasari dan sudah menerbitkan puisinya dalam antologi bersama dan pernah menulis novel. Datang pula mahasiswa akuntansi yang mengambil matakuliah penulisan kreatif, mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang sering mendapat tugas menulis fiksi, ada yang sekadar menemani kawannya, mahasiswa fakultas hukum, ada yang dari komunitas film (FSB), Gusdurian Banjarmasin.

Materi pertama mulai disampaikan oleh Hajriansyah, penulis dan Ketua Dewan Kesenian Banjarmasin. Hajri menjelaskan paparannya yang dibingkai dengan judul "Mengembangkan Pengalaman, Menulis Kehidupan". 

Dalam paparannya ia menjelaskan langkah-langkah umum dan yag khusus tenang menulis, termasuk kesulitan serta kendala penulisan. Terakhir, ia membuka tanya jawab terkait pengalaman menulis para peserta. 

Dalam sesi inilah muncul kendala-kendala personal mereka dalam menulis, yang kemudian didiskusikan Hajri bersama para peserta.

Acara dialnjutkan paparan dari Dimas, staf Wikibuku yang lain. Ia menjelaskan tentang program dan kemudian langsung membimbing peserta untuk menjadi bagian dari (kontributor) Wikibuku. 

Melalui sekian langkah yang langsung dipraktekkan oleh para peserta dengan menggunakan laptop dan ponsel pintar mereka. 

Di akhir, acara ditutup dengan ngopi bersama kopi lokal Kalimantan Selatan oleh Toko Kopi Prabayaksa, yang merupakan bagian dari Kampung Buku Banjarmasin. (rilis)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner