Gelar Dekrashow III, Sinergi Wujudkan UMKM Naik Kelas | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 19 September 2022

Gelar Dekrashow III, Sinergi Wujudkan UMKM Naik Kelas

BERITABANJARMASIN.COM - Dengan mengenakan pakaian sasirangan berdesain casual, Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina didampingi Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin, Hj Siti Wasilah menghadiri Dekrashow III yang merupakan rangkaian dari Road To Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) Ke-6 Tahun 2022 menjelang Hari Jadi Kota Banjarmasin ke-496, di Bandarmasih Tempo Doeloe, Minggu, (18/09). 

Event yang ramai dipenuhi warga Kota Banjarmasin ini diisi dengan talkshow "Ngobrol Seru: UMKM Naik Kelas" bersama narasumber Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina dan GM Syamsudin Noor International Airport, Dony Subardono, kemudian fashion show sasirangan oleh Showroom Dekranasda Kota Banjarmasin, tenant-tenant, desainer muda dan senior, serta ditutup dengan Ceremony Pre Launching BSF ke-6.

Dalam kesempatan ini Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina menyampaikan bahwa Kota Banjarmasin dapat menjadi ruang kreasi dan kebangkitan ekonomi yang saling bersinergi, karena seluruh sudut Kota Banjarmasin adalah ruang seni budaya, ekspresi, dan kreativitas yang perlu dimaksimalkan, "Kami berharap suasana kota yang sangat kondusif, kemudian ekonomi kita yang sudah berjalan di arah yang benar ini mudah-mudahan makin banyak pelaku ekonomi kreatif UMKM yang terfasilitasi, yang kemudian bisa berusaha dengan baik dan bukan hanya di kawasan kota lama ini tetapi juga di sudut-sudut lain Kota Banjarmasin", ucap orang nomor satu di Kota Seribu Sungai tersebut.

Ia juga berharap dengan adanya event ini masyarakat menjadi makin cinta dengan sasirangan yang merupakan warisan budaya Banjar, "Yang penting kita makin cinta dengan sasirangan, karena sasirangan adalah warisan nusantara dari budaya Banjar yang harus kita lestarikan, kalau bukan kita siapa lagi? Kalau bukan sekarang kita ingin populerkan ini kapan lagi?", harapnya. 

Adapun Ketua Dekranasda Kota Banjarmasin, Hj Siti Wasilah menambahkan bahwa baru-baru ini Dekranasda Kota Banjarmasin juga mendapatkan dukungan dari Kementerian Perindustrian RI untuk mengadakan pelatihan dengan mendatangkan desainer nasional yang juga akan hadir pada BSF ke-6 yang akan segera digelar, "Nanti pada saat BSF kita mengundang dua desainer nasional, yang pertama Rya Baraba akan tampil pada saat pembukaan, kemudian yang kedua Rudi Chandra yang akan tampil di penutupan", ucapnya.

Terakhir, ia berharap dengan adanya event ini, anak muda menjadi bangga memakai kain sasirangan, "Kita sudah pernah membawa sasirangan ke Belanda, ini mendekatkan anak muda dengan sasirangan, karena kita tahu bahwa Kota Lama ini sangat kental dengan nuansa anak muda yang ada disini, harapan kita anak-anak muda bisa bangga memakai kain Sasirangan", pungkasnya. (ADV)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner