Disdukcapil Banjarmasin Beri Akses Data dan Dokumen Kependudukan untuk SKPD | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 23 September 2022

Disdukcapil Banjarmasin Beri Akses Data dan Dokumen Kependudukan untuk SKPD

BERITABANJARMASIN.COM - Memaksimalkan pemanfaatan data dan dokumen kependudukan, Disdukcapil Kota Banjarmasin gelar sosialisasi kepada SKPD lingkup Pemkot Banjarmasin, Kamis (22/9/2022).

Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Ikhsan Budiman memaparkan pemanfaatan data kependudukan bisa dilakukan lintas SKPD. Menurutnya ini memudahkan SKPD untuk melaksanakan program yang memerlukan data kependudukan. "Ini langkah awal dalam akses data yang lebih mudah," ujarnya.

Ada empat kecamatan yang baru saja menandatangi perjanjian kerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Banjarmasin untuk pemanfaatan data dan dokumen kependudukan.

Yaitu Kecamatan Banjarmasin Timur, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kecamatan Utara, dan Kecamatan Banjarmasin Tengah. "Sebelumnya sudah ada beberapa SKPD yang sudah melakukan kerja sama," terang dia.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kota Banjarmasin, Yusna Irawan mengatakan saat ini ada 11 SKPD yang bekerja sama dalam pemanfaatan data dan dokumen kependudukan. 11 SKPD yang telah mengunakan pemanfaatan data dan dokumen kependudukan diantaranya Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Pendidikan (Disdik), Badan Pengelolaan Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD), Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A), Dinas Sosial (Dinsos), dan empat kecamatan yang baru bergabung. "Tentu ini memudahkan mereka untuk verifikasi data langsung," imbuhnya.

Ia pun berharap semua SKPD bisa melakukan perjanjian kerja sama pemanfaatan data dan dokumen kependudukan. Khususnya SKPD yang menangani pelayanan publik. "Selanjutnya berlanjut ke SKPD lain," pungkasnya. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner