FEATURE: Pemuda Pelopor Banjarmasin Bangun Rumah Bersinar, Cegah Anak Muda Terjerumus Narkoba dan Berkarya | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 16 Mei 2022

FEATURE: Pemuda Pelopor Banjarmasin Bangun Rumah Bersinar, Cegah Anak Muda Terjerumus Narkoba dan Berkarya

Keinginan yang kuat memberikan edukasi dan pemahanan terhadap warga sekitar tempat tinggalnya, Selamat Riyadi terus berupaya memberikan hal  positif.

Rumseh, Beritabanjarmasin.com, Banjarmasin.

Bertempat tinggal di kawasan yang sebagian besar anak mudanya kurang produktif, membuatnya tergerak untuk memberikan solusi. Ia melihat banyak anak yang memilih tidak bersekolah, bahkan menyalahgunakan lem kayu untuk mabuk. "Ulun (saya) hanya ingin membantu mereka agar tidak terjerumus," ungkapnya, saat ditemui beritabanjarmasin.com usai menerima penghargaan sebagai pemuda pelopor bidang kebudayaan dan sosial, tingkat Kota Banjarmasin.

Untuk menguatkan misi mulianya tersebut, pria berusia 23 tahun ini masuk dalam Forum Pemuda Anti Narkoba BNN Provinsi Kalsel din2016, yang saat ini sudah dinobatkan sebagai ketua umum.

Tentunya usahanya tersebut tidak lantas diterima oleh warga sekitar. Bahkan tidak sedikit pria kelahiran Banjarmasin ini harus menghadapi hal yang tidak menyenangkan.

Namun, dengan tekad yang kuat pria kelahiran 16 Februari 1999 itu berhasil membangun Rumah Bersih Anti Narkoba (Bersinar)  yang diperuntukkan untuk bimbingan konseling terhadap para pemuda. "Alhamdulillah saat ini upaya saya membuahkan hasil," ujarnya seraya tersenyum.

Anak pertama dari tiga bersaudara ini terus melakukan aksi sosialnya memberikan kesadaran terhadap warga khususnya anak dan remaja untuk melakukan hal yang positif. Yakni dengan melanjutkan pendidikan yang berhenti dengan berbagai sebab diantaranya faktor ekonomi keluarga dan adanya pergaulan lingkungan yang kurang baik.

Dalam mendukung upayanya tersebut ia bersama komunitasnya menggandeng BNN untuk memberikan penyuluhan dan layanan rehaibilitasi gratis untuk warga.

Dimana penyuluhan tersebut lebih difokuskan pada anak dan remaja sebagai langkah prenventif pencegahan dalam penyalahgunaan narkoba. "Misi inilah yang akan saya bawa keajang pemuda pelopor tingkat provinsi nantinya," katanya.

Di sisi lain, pria yang masih aktif kuliah di ULM itu juga mengembangkan Rumah blBersinar tersebut untuk meningkatkan ekonomi kreatif di Kota Baiman.

Mengajarkan warga untuk meningkatkan usaha UMKM yang juga saat ini menjadi salah satu program prioritas Kota Banjarmasin. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner