FEATURE: Limun "Panta" Bauap, Minuman Lawas yang Banyak Diburu Masyarakat Banjar Saat Ramadhan | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 20 April 2022

FEATURE: Limun "Panta" Bauap, Minuman Lawas yang Banyak Diburu Masyarakat Banjar Saat Ramadhan

Banyak dirindukan masyarakat, keberadaan minuman ini juga rupanya hanya sering ditemui saat bulan Ramadhan, minuman yang dinamai masyarakat dengan nama Panta alias limun beruap, merupakan minuman yang cukup terkenal pada zamannya di Kalsel.

Fitriyani, Banjarmasin | BERITABANJARMASIN.COM 

Rasanya yang khas, menyegarkan, dan banyak pilihan rasa tentu menjadi kenangan tersendiri bagi yang menyukai minuman tersebut. 

Sekilas tidak ada yang berubah dari kemasannya masih sama seperti dahulu yakni dikemas dalam botol kaca, bahkan beberapa masyarakat yang sudah sering membeli mengaku tidak ada yang berubah dengan rasanya. 

Hanya saja minuman yang saat ini sulit dicari ini, kini harganya jauh lebih mahal ketimbang pada zaman dahulu. Pedagang minuman Panta, Sar'i mengungkapkan dirinya menjual minuman Panta per botolnya Rp 7.000 rupiah."Dulu cuma tiga ribu satu botol," ucapnya, Selasa (19/4/2022). 

Ia sendiri sengaja Jauh-jauh dari Kabupaten Hulu Sungai ke Banjarmasin di bulan Ramadhan ini untuk mencari rezeki dengan berjualan minuman Panta. 

Di Banjarmasin Sar'i tinggal bersama saudaranya. Dalam sehari ia mampu menjual minuman Panta hingga 30 botol, dimana untuk harga modal per botolnya lima ribu rupiah dan sekali membeli harus satu peti dengan isi 30 buah Panta. "Alhamdulillah kadang rame kadang biasa aja, tapi sehari kadang habis satu peti isi 30 botol," ungkapnya. 

Diungkapkan Sar'i bahwa masih banyak masyarakat yang menyukai minuman lawas ini, selain itu banyak masyarakat yang bilang bahwa memilki kenangan tersendiri saat minum Panta pada zaman dahulu. 

Setiap hari Sar'i selalu berjualan minuman Panta di Jalan Banua Anyar seberang perumahan banua anyar permai, Banjarmasin, dari mulai Pukul 16.00 Wita hingga menjelang berbuka puasa. 

Saat ditemui di tempat salah satu pembeli perempuan mengatakan dirinya membeli minuman Panta bukan untuk dikonsumsi sendiri melainkan untuk ia jual kembali secara online. 

"Buat dijual lagi banyak yang mencari di online, soalnya sudah susah mencarinya, jadi Alhamdulillah buat pemasukan saya," tutupnya. (fitri/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner