Tuan Guru Bakhiet : “Keberadaan Datu Kalampayan Adalah Anugerah Besar Untuk Warga Kalsel” | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 28 Januari 2022

Tuan Guru Bakhiet : “Keberadaan Datu Kalampayan Adalah Anugerah Besar Untuk Warga Kalsel”

sumber foto dari 232nmtv


Pada malam kamis 26 Januari 2022 lalu, Tuan Guru Bakhiet mengisi tausyiah di Majelis Ta’lim As Shofa di Kandangan, Hulu Sungai Selatan. Saat memberi tausyiah, beliau ada sedikit mengisahkan tentang seorang ulama besar Kalimantan Selatan, yaitu Syekh Mihammad Arsyad bin Abdullah al Banjari.

Tuan Guru Bakhiet berkata, bahwa kita sebagai warga kalsel harus bangga dan bersyukur kepada Allah dengan adanya Datu Kalampayan (Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari). “Kebesaran dari Datuk Kalampayan sampai hari ini belum ada yang melebihi dan menandinginya” tambah Guru Bakhiet lagi.

Menurut Tuan Guru Bakhiet lagi, Datuk Kalampayan adalah tokoh besar yang tak hanya di Kalsel, tapi sudah tokoh besar Indonesia, bahkan dunia. Kebesaran Datuk Kalampayan dapat dilihat dari karya karya besar beliau yang banyak memberi manfaat, yaitu kitab Sabilal Muhtadin. “Karya besar beliau ini yang sampai sekarang belum ada tandingannya”

Sayang nya, menurut Tuan Guru Bakhiet, Kitab Sabilal Muhtadin ini sudah mulai dilupakan warga kalsel. Padahal kitab Sabilal muhtadin itu luar biasa. Berisi pegangan hidup seperti cara kita sholat dan lain lain. “Mestinya kitab sabilal ini selalu hidup dan dibaca dimasyarakatkan, khususnya di kalsel, sebagai bukti kita ingat dengan sebuah karya besar dari warga kita sendiri, Syekh Muhammad Arsyad bin Abdullah al Banjari” Kata Tuan Guru Bakhiet lagi.

Bahkan kata Tuan Guru Bakhiet lagi, Kitab Sabilal Muhtadi ini pernah di ajarkan di Masjidil Haram pada masa nya. Di luar negeri seperti di Malaysia, brunai, singapura, Filipina selatan, Thailand dibacakan kitab ini. Tuan Guru Bakhiet pun mempertanyakan mengapa jarang diadakan pengajian kitab Sabilal Muhtadin di Kalsel. “Kenapa kita di kalsel jarang ada masyarakat, panitia masjid/musholla yang minta kepada tuan guru membacakan kitab sabilal muhtadin” kata beliau lagi.

Kitab karangan datu Kalampayan seberanya banyak, tak hanya sabilal muhtadin. Ada juga kitab lain yang bernama tuhfaturroghibin yang berisikan iman kita kepada Allah sesuai ajaran ahulussunnah wal jama’ah

Sumber : channel youtube 232 NM TV, judul video, TABLIGH AKBAR BERSAMA KH. MUHAMMAD BAKHIET DIMAJELIS AS SHOFA KDG | KDG, 26 JANUARI 2022 pada menit ke 1:17:00 , link video asli : https://www.youtube.com/watch?v=1VZuvS0L6Pc

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner