Asal Usul Penamaan Daerah Pekapuran Banjarmasin | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 28 Januari 2022

Asal Usul Penamaan Daerah Pekapuran Banjarmasin

Sumber foto : Wikipedia


Nama wilayah Pekapuran mungkin sudah tidak asing lagi bagi warga Banjarmasin. Diantaranya menjadi nama kelurahan di Kota Banjarmasin yakni Kelurahan Pekapuran Raya dan Pekapuran Laut.

Khusus asal usul penamaan, terdapat beberapa versi. Diantaranya istilah Pekapuran atau Pakapuran dalam Bahasa Banjar berarti tempat (membeli) kapur.

Hanya belum jelas kapur apa yang diperjualbelikan, apakah kapur sirih atau kapur kinang yang biasanya dipakai menginang dimana bahannya adalah daun sirih, kapur kinang, gambir, serbuk pinang, dan tembakau. Atau bisa juga jenis kapur yang lain.

Pada era kekinian, di wilayah Kelurahan Pekapuran Raya dan Pekapuran Laut di Kota Banjarmasin tidak terdapat lagi lokasi berupa sentra produksi dan sebagainya yang menunjukkan peninggalan bahwa memang pernah terdapat komoditi kapur di area ini.

Walaupun secara administratif baru ada di tahun 1984, wilayah Pekapuran Banjarmasin sudah lama tercatat dalam sejarah pemerintahan di Banjarmasin khususnya. Kampung Pekapuran yang telah ada pada tahun 1824. Terletak di sebelah selatan Kampung Sungai Baru.

Pada tahun tersebut terdapat terdapat 18 kampung diantaranya Kampung Cina, Kampung Loji, Antasan Besar, Amarong, Kween, Gayam, Benyiur, Antasan Kecil, Rawa Kuin, Bindjei, Jawa Baru, Sungai Baru, Pekapuran, Kalayan Besar, Bagauw, Bahauer, Besiri, dan van Tuil.

Area Pekapuran membentang di sekitar Sungai Pekapuran. Pada Peta Sketsa Ibukota Banjarmasin dan Sekitarnya, tahun 1916 melukiskan Sungai Pekapuran adalah anak Sungai Martapura yang membentang hingga anak Sungai Badjang dan Sungai Lumbah.

Fakta sejarah lainnya bahwa wilayah Pekapuran sejak era Hindia Belanda sudah terbagi, yakni Pekapuran A dan Pekapuran B. Kemungkinan inilah yang menjadi embrio di kemudian hari muncul penamaan Jalan Pekapuran A dan Jalan Pekapuran B yang membentang di wilayah Kelurahan Pekapuran Laut sekarang.

Narasi : Koran Soerabaijasch handelsblad, edisi 8 Juli 1932

Sumber instagram @sejarah.banjar

Link tulisan asli : https://www.instagram.com/p/CZHDxnKvDvi/



Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner