BERITA SORE: Kamis 27/1/2022 | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 27 Januari 2022

BERITA SORE: Kamis 27/1/2022

 

Ratusan Mahasiswa Unjuk Rasa Di Kejati Kalsel, Perjuangkan Keadilan Untuk Mahasiswi ULM Korban Pemerkosaan



BERITABANJARMASIN.COM - Ratusan mahasiswa Unversitas Lambung Mangkurat (ULM) menggelar aksi unjuk rasa di kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Kalsel. Mereka meminta keadilan untuk mahasiswi ULM yang diperkosa oknum penegak hukum, Kamis (27/1/2022).

Dalam aksinya Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Andika menyampaikan tiga pertanyaan.

Pertama, mengapa jaksa penuntut umum (JPU) hanya menuntut hukuman tiga setengah tahun terhadap pelaku, kedua kenapa pihak JPU langsung menyetujui saat keputusan tersebut keluar, selanjutnya yang mengapa JPU melakukan banding di luar masa banding. 

"Kita cuma mau tau itu saja, makanya JPU saya harap hadir agar penjelasannya didengar oleh publik," ucap Ketua BEM FH ULM, Andika kepada wartawan, Kamis (27/1/2022). 

Setelah terjadi negosiasi antara BEM FH ULM dengan pihak Kejati Kalsel, akhirnya dalam aksi tersebut dihadirkan langsung pihak JPU untuk menjawab tiga pertanyaan tersebut. 

Di hadapan puluhan mahasiswa pihak JPU menjawab alasan mengapa menyetujui tuntutan hukuman tiga setengah tahun. Berdasarkan fakta-fakta yang digali dari saksi korban saat di persidangan. 

Ia menerangkan dalam proses sidang semua berjalan sesuai ketentuan sehingga mengapa pihak JPU menuntut 3 tahun 6 bulan. 

Menyikapi hal ini Andika sebagai Ketua BEM FH ULM bersama mahasiswa lainnya akan terus menunggu perkembangan kasus tersebut dan berkomitmen mengawal kasus ini sampai tuntas. 

"Jadi kami mengawal sampai kasus ini tuntas terutama pemecatan terhadap oknum kepolisian yang bersangkutan," tandasnya. (fitri/sip)

Pemkot Banjarmasin Buka Lelang Jabatan Pekan Depan



BERITABANJARMASIN.COM - Pemkot Banjarmasin bakal melakukan lelang mengisi 13 jabatan kepala SKPD yang kosong. Saat ini pemkot menunggu surat rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

"Mudahan minggu depan kita akan buka lelang jabatan," kata Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, Rabu (26/1/2022).

Jabatan yang kosong akan diisi Pelaksana tugas (Plt) terlebih dahulu. Mekanismenya terlebih dahulu dilakukan pergeseran jabatan yang kemudian akan ada pelantikan jika telah mendapatkan rekomendasi dari KASN.

Kemudian lanjutnya, dari hasil lelang tersebut nantinya akan keluar satu nama yang akan mengisi jabatan SKPD yang kosong. "Kemungkinan paling lambat satu atau dua bulan akan ada pelantikan," imbuhnya.

Pengisian jabatan kosong itu, katanya, penting dalam struktral instansi pemerintah kota agar lebih terorganisir. Sebelumnya wali kota dua periode ini telah melantik 199 pejabat struktural dan puluhan kasi. Termasuk melantik pejabat di SKPD baru yaitu Dinas Damkar (Pemadam Kebakaran) Kota Banjarmasin yang dulunya tergabung di Satpol PP. (arum/sip)

Ibnu Sina Bakal Terapkan Sistem Akademi Demokrasi Untuk Kader Demokrat Kalsel



BERITABANJARMASIN.COM - Ketua Umum DPD Demokrat Kalsel, Ibnu Sina ingin terapkan sistem pengkaderan partai yang mampu meningkatkan kapasitas kader dengan sistem Akademi Demokrasi.
Sistem Akademi Demokrasi, paparnya, merupakan laboratorium bagi kader Demokrat Kalsel agar mumpuni sebagai kader, sehingga siap berkontribusi untuk masyarakat dan ditempatkan dimana saja. "Jadi kader Demokrat bisa lebih berkembang dan siap bekerja," kata ia, Rabu (26/1/2022).

Dalam susunan kepengurusan sendiri ia memasukkan sejumlah nama dari berbagai kalangan. Diantaranya politisi senior, tokoh masyarakat dan agama, mantan pejabat, perempuan serta tak ketinggalan generasi milenial yang diharapkan dapat membawa perubahan baik bagi Partai Demokrat. "Kita mengakomodir semua kalangan," ujarnya.

Mantan aktivis mahasiswa ini juga bertekad memajukan partai berlambang bintang mercy tersebut dan memenangkannya pada pemilu 2024 di Kalsel.

Terpilihnya Ibnu sebagai Ketum Demokrat merupakan hasil mufakat dari DPC 13 kabupaten/kota pada Musyawarah Daerah (Musda) DPD Demokrat Kalsel akhir tahun 2021. (arum/sip)

Juara Umum, Kotabaru FC Wakili Kalsel Di Piala Soeratin U-17 Nasional



BERITABANJARMASIN.COM - Kotabaru FC bakal mewakili Kalsel di ajang Piala Soeratin U-17 Nasional setelah berhasil menang dalam laga adu penalti dengan Persetala Tanah Laut.

Laga final memperebutkan Piala Soeratin U-17 Zona Kalsel yang berlangsung (26/1/2022) sore di Lapangan Sepak Bola Kayu Tangi Banjarmasin ini berlangsung sengit. 

Dari waktu normal hingga babak tambahan tidak ada gol yang berhasil diciptakan. Kedua tim saling memberikan perlawanan hingga penentuan dengan tendangan dalam drama adu penalti.

Otomatis hasil ini membawa Kotabaru FC berhak mewakili Kalsel di ajang Piala Soeratin U-17 di tingkat Nasional mendatang. Pelatih Kotabaru FC U-17, Aprianto Windo Antoro mengaku bersyukur anak asuhnya berhasil keluar sebagai juara umum. "Kami bersyukur lantaran target sebenarnya hanya samai semi-final," ujarnya.

Meski begitu, dalam laga final ini terang Aprianto anak asuhnya juga sudah dipersiapkan jika seandainya laga harus berakhir dengan adu penalti. 

Sementara itu, meski hanya meraih predikat runner-up, Ketua Umum Persetala Tanah Laut, HM Sukamta tetap mengapresiasi perjuangan dan kerja keras dari pemain muda tanah laut. "Saya tetap bangga mereka sudah menunjukkan kinerja maksimal, kalah menang itu hal biasa dalam permainan," terangnya.

Kadispora Kalsel, Hermansyah usai menyerahkan piala kepada para juara menyampaikan bahwa Kalsel sama sekali tidak kekurangan talenta dalam bidang olahraga sepak bola. "Ini yang perlu diperhatikan bagaimana pembinaan potensi bibit-bibit pesepakbola yang handal dari Kalsel terus kita asah," paparnya. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner