Datuk Sapat, Ulama Banjar Yang dua kali Menolak Jabatan Mufti | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 05 Januari 2022

Datuk Sapat, Ulama Banjar Yang dua kali Menolak Jabatan Mufti


Datuk Sapat/Syekh Abdurrahman Shiddiq Al Banjari adalah ulama besar kelahiran Dalam Pagar, Martapura. Karena keluasan ilmu beliau, beliau dua kali diminta menjadi Mufti, namun beliau menolak. 

Tercatat, Beliau pernah menolak jadi Mufti Batavia/Jakarta dan di Indera Giri. Namun setelah diminta berulang kali oleh Sultan Indera Giri untuk kebaikan ummat, akhirnya beliau kabulkan permohonan itu 

Pertama, Di Batavia, beliau diminta menjadi Mufti oleh guru beliau, Al Habib Utsman bin Yahya untuk menggantikan dirinya sebagai Mufti Batavia. Namun tawaran itu beliau tolak secara halus.

Kedua, beliau diminta jadi Mufti di Indera Giri oleh Sultan Mahmud Syah. Semula beliau menolak tawaran itu. Namun sang sultan memohon berdasarkan untuk kepentingan umat Islam, maka permohonan beliau dikabulkan. 

Walau pun memiliki jabatan tinggi sebagai mufti, Datuk Sapat tidak mau memakai uang gajih jabatan tersebut. Gajih itu selalu beliau bagikan pada orang yang lebih memerlukan.

Datuk Sapat/Syekh Abdurrahman Shiddiq Al Banjari adalah salah satu dzuriyat dari Datu Kalampayan (Syekh M. Arsyad Al Banjari). Datuk Sapat bin Shafura binti Mufti Haji M. As'ad bin Syarifah binti Syekh Syekh M. Arsyad Al Banjari.

Sumber : buku "Datu Datu Terkenal Kalimantan Selatan". Terbitan "Sahabat" Mitra Pengetahuan 2013. Sub judul "Datu Sapat Tambilahan", halaman 128


Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner