BERITA SORE: Selasa 25/1/2022 | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Selasa, 25 Januari 2022

BERITA SORE: Selasa 25/1/2022

 

Dijatah 1.200 Liter Minyak Goreng, Disperdagin Banjarmasin Laksanakan Pasar Murah



BERITABANJARMASIN.COM - Memberikan kemudahan dan pelayanan terhadap warga Kelurahan Tanjung Pagar, Banjarmasin Selatan, Disperdagin gelar pasar murah untuk minyak goreng.

Lurah Tanjung Pagar, Aina memaparkan pasar murah diserbu warga yang membeli, tidak sampai beberapa jam sudah ludes. Menurutnya kebutuhan akan minyak goreng sangat tinggi, apalagi dengan harga yang melambung tinggi di pasaran. "Antusias warga luar biasa, sehingga langsung ludes," ujarnya, Selasa (25/1/2022).

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Banjarmasin, Ichrom Muftezar menerangkan bahwa ada sekitar 1.200 liter minyak goreng untuk dua pasar murah.

Yakni di Kelurahan Tanjung Pagar dan Kelurahan Basirih Selatan, dengan waktu yang berbeda. "Kami dapat jatah 1.200 liter, untuk mempermudah warga mendapatkan minyak goreng," bebernya.

Sebelumbya pihaknya juga telah menggelar empat titik pasar murah, yang memilikki jangkauan jauh dari riteil modern. Ia pun berharap upaya tersebut bisa dimanfaatkan wagra sekitar, untuk mendapatkan minyak goreng seharga 14ribu rupiah per liternya. (arum/sip)

Tak Kunjung Mufakat, Pemkot Banjarmasin Bentuk Tim Pelaksana Teknis Sosialisasi Revitalisasi Pasar Batuah





BERITABANJARMASIN.COM - Pemkot Banjarmasin bentuk tim pelaksanaan teknis sosialisasi Pasar Batuah yang diketuai Sekretaris Daerah Kota Banjarmsin Ikhsan Budiman.

Ikhsan mengatakan dengan pembentukan tim teknis sosialisasi tersebut, bisa memudahkan pihaknya memberikan pemahaman terhadap warga pasar.

Sebab akan fokus pada penanganan para pedagang secara persuasif. "Ini langkah kita dalam memberikan pemahaman agar polemik ini tidak berlarut," jelasnya, Selasa (25/1/2022).

Apalagi seajuh ini ia menilai seluruh warga pasar terutama yang bermukim di sana, masih belum memahami maksud dan tujuan dari rencana pemerintah dalam memberikan fasilitas publik

Sementara itu, Wakil Ketua Tim Pelaksana Teknis Sosialisasi Revitalisasi Pasar Batuah Banjarmasin, Doyo Pudjadi menyampaikan seperti yang telah direncanakan sebelumnya revitalisasi pasar tetap akan dilakukan.

Pihaknya sedang mengumpulkan dan menyiapkan data pendukung dan rencana detail untuk disosialisasikan kepada warga. "Kami juga sudah menawarkan solusi bagi warga yang bermukim disana untuk tinggal di rusunawa," tandasnya.

Ia pun berharap warga bisa lebih bijaksana dan mendukung penuh program pembangunan yang akan terus dilakukan pemerintah.

Untuk diketahui, rencana revitalisasi Pasar Batuah mendapat protes keras dari warga pasar yang telah lama bemukim puluhan tahun di sana. Karena tidak ada ganti rugi dari pemkot. Meskipun lahan tersebut merupakan milik pemkot.

Bahkan warga yang tergabung dalam aliansi paguyuban pasar batuah meminta untuk menunda rencana tersebut selama lima tahun kedepan. (arum/maya)

Kasus Kekerasan Seksual Mahasiswi ULM, DP3A Banjarmasin: Ini Sudah Lintas Sektor





BERITABANJARMASIN.COM - Kasus kekerasan seksual terhadap mahasisw ULM oleh oknum aparat penegak hukum mendapat perhatian dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Banjarmasin.

Meski untuk pendampingan korban akan dilakukan oleh UPTD P3A Provinsi Kalsel, Kepala DP3A Kota Banjarmasin, Iwan Fitridi menjelaskan pihaknya mendukung agar korban diberikan pendampingan. "Meski ini sudah lintas sektor kabupaten/kota sehingga menjadi wewenang Pemprov Kalsel," ujarnya, Selasa (25/1/2022).

Dikatakannya korban berasal dari Kota Banjarbaru, sedangkan pelaku berdomisili di Banjarmasin dan Tempat Kejadi Perkara (TKP) di salah satu hotel di wilayah Kabupaten Banjar.

Staf Muda Wali Kota Banjarmasin Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Anisa Cahayani mengatakan terus memonitor perkembangan kasus tersebut dan memberikan dukungan kepada korban. "Sejauh ini upaya hukum telah dikerahkan," katanya.

Ia juga meminta pihak kampus terus melakukan pendampingan terhadap korban agar tidak putus kuliah dan menyelesaikannya hingga lulus. Keberanian korban untuk speak up diakuinya perlu mendapatkan apresiasi. (arum/sip)


Asyik, Anak-Anak Bisa Main Di Perpustakaan, Dispersip Kalsel Tambah Fasiltas Bermain



BERITABANJARMASIN.COM - Perpustakaan anak milik Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel terus dibenahi. Hal ini terlihat dengan ditambahnya beberapa fasilitas bermain untuk anak seperti perosotan dan ayunan.

Dengan disediakannya beberapa fasilitas tersebut bisa membuat anak-anak betah untuk berlama- lama berada di tempat tersebut. Selain tersedia taman baca dan fasilitas bermain maupun olah raga, pengunjung juga disediakan gazebo untuk bersantai. 

“Perpustakaan Kalsel kehadirannya selain sebagai tempat referensi, juga sarana edukasi bagi anak untuk membiasakan gemar membaca sambil bermain,” ucap Kepala Bagian Komunikasi Biro Administrasi Pimpinan Setdaprov Kalsel, Widi Gunawan, Selasa (25/01/2022).  

Ia pun mengajak warga lainnya untuk memanfaatkan fasilitas ini, guna melatih anak rajin membaca. Selain itu menurutnya mengajarkan membaca pada anak usia dini memang jadi tantangan yang harus dihadapi orang tua, khususnya pada saat jenjang PAUD.  

“Dengan suasana yang menyenangkan,  kegiatan membaca dapat meningkatkan kepekaan dan memotivasi mereka untuk terus belajar,” ujarnya. 

Ia juga mengapresiasi kemajuan pengelolaan Perpustakaan Palnam, sehingga bisa meningkatkan jumlah pengunjung, bahkan pada saat adanya pembatasan jumlah pengunjung tahun lalu. (fitri/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner