Sejarah Kehadiran Kereta Api di Kalimantan Selatan | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 26 Januari 2022

Sejarah Kehadiran Kereta Api di Kalimantan Selatan

Foto-Koleksi KITLV

Keberadaan kereta api di Kalimantan Selatan ternyata punya sejarah panjang sejak zaman penjajahan Belanda. Tentunya tujuan Belanda mengadakan kereta api di Kalsel adalah untuk melancarkan eksploitasi hasil bumi dari negara jarahannya.

Tentang kereta api di Borneo, ada seorang penggemar kereta api Belanda dan fotografer yang bernama Mr Gerard de Graaf. Beliau memaparkan bahwa ada kereta api di daerah tambang Indonesia, tahun 1888-1956, khususnya di Sumatera dan Kalimantan.

Gerard de Graaf memaparkan, bahwa kereta paling awal di Nusantara ada di Kalimantan Selatan. Meski demikian, kereta api yang di maksud adalah kereta tambang.

Tambang batu bara Oranje Nassau pengaron awalnya disebut galeri pertambangan. Terdapat sebuah "kereta" kecil berupa gerobak yang didorong diatas rel buatan antara tambang dan sungai riam Kiwa. "Kereta" Itu adalah alat untuk pengangkutan batu bara.

Dalam pemaparan Libra hari inagurasi (2015), adanya lori pengangkut batu bara di dukung oleh temuan dalam ekskavasi balai arkeologi Banjarmasin pada 2012 yaitu berupa dua roda besi. Hal ini memberi ni petunjuk terkait pengangkutan batu bara saat itu.

Pada tahun 1888, beberapa daerah di Kalimantan pun beroperasi kereta tambang batu bara, seperti di pulau laut, Samarinda, sampai Tenggarong di Kalimantan Timur. Beberapa rolling stock. Ha seperti lori dan rel nya masih ada tersimpan disuatu gudang. Demikian juga dengan bekas jembatan masih kerap dijumpai.

Sumber : Buku “BANDJARMASIN TEMPO DOELOE” karangan Mansyur, S.Pd, M.Hum, Sub Judul "Jalur kereta sepanjang jalan kenangan : memori kehadiran kereta api di Kalimantan Selatan", Halaman 180

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner