Iwak Sapat Karing, Kuliner Urang Banjar yang Sederhana Dengan Cita Rasa Luar Biasa | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 27 November 2021

Iwak Sapat Karing, Kuliner Urang Banjar yang Sederhana Dengan Cita Rasa Luar Biasa

Foto : 7terbaik.com

Iwak sapat dalam bahasa Banjar, yang jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti ikan sepat, merupakan salah satu jenis ikan yang hidup di perairan rawa, sungai atau danau tawar. Ikan sepat dapat dengan mudah ditemukan pada perairan Kalimantan Selatan, terkhusus di sawah-sawah perkampungan.


Ikan ini berlimpah, apalagi di daerah perumahan yg dekat dengan wilayah persawahan. Dikolong² rumah banyak ikan sepat berkeliaran, cara menangkapnya pun tergolong mudah, cukup dengan "rengge" atau jala yang dibentang memanjang. Orang Banjar terbiasa menyebut ikan sepat yang dijemur hingga kering itu sebagai Iwak Sapat Karing. Suguhan kuliner super murah dan super sederhana namun dengan cita rasa khas yang luar biasa.


Cara membuat ikan sepat kering sangat mudah. Terlebih dahulu ikan sepat disiang (dibersihkan), dengan cara dikelupas sisiknya, serta dipotong bagian bawah kepala ikan tersebut untuk kemudian dicuci dengan air.

Setelah itu, taburkan garam secara bolak-balik dan merata di permukaan kulit ikan sepat yang sudah dibersihkan tadi. Terakhir, ikan sepat dijemur di bawah terik matahari sehari atau dua (tergantung cuaca) hingga benar-benar kering dan menyerupai kerupuk yang siap untuk digoreng.


Orang Banjar pada umumnya lebih sering menyantap ikan sepat kering dengan digoreng, dengan tambahan cacapan (cocolan). Cacapan tersebut hanya berupa air putih, dengan perasan limau serta sedikit rempah-rempah biasa yang tentunya mudah didapatkan, bisa pula dengan campuran asam kamal dan bawang.

Sumber instagram @kesultananbanjar_official


Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner