Khalifah Syihabuddin Al Banjari, Urang Banjar yang Jadi Mufti di Kerajaan Riau | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Sabtu, 27 November 2021

Khalifah Syihabuddin Al Banjari, Urang Banjar yang Jadi Mufti di Kerajaan Riau


Syekh Syihabuddin adalah putera Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari dari isterinya bernama Baiduri (Bidur). Tahun 1258 H/1842, Raja-raja Riau di Pulau Penyengat Indera Sakti minta kesediaannya menjadi guru di Kerajaan Riau-Lingga.

Raja Ali Haji dalam bukunya yang terkenal berjudul Tuhfatun Nafis telah menyebut peranan ulama Banjar di kerajaan Riau. Di antaranya Haji Hamim yang diangkat Engku Haji Abdullah sebagai wakilnya di negeri Lingga.


Raja Ali Haji menulis: “Al-Kisah maka tersebutlah perkataan saudara Yang Di Pertuan Muda Raja Abdur Rahman itu, yaitu Raja Haji Abdullah yang dalam negeri Makkatul Musyarrafah itu. Maka apabila sampai ia setahun di dalam negeri Makkatul Musyarrafah itu, maka ia pun turunlah dari Mekah itu ke Jeddah.


“Dan dari Jeddah selalu balik ke bawah angin serta ada ia membawa satu orang alim namanya Syekh Ahmad Jabarti dan seorang lagi orang Banjar anak Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari yang masyhur dengan alim besar di bawah angin yang mengarang beberapa kitab fikah dan lainnya. Maka adalah nama anaknya Tuan Syihabuddin"


Yusuf Khalidi dalam bukunya Ulama Besar Kalimantan, menyebut bahwa Syekh Syihabuddin diangkat sebagai Khalifah, yaitu menjabat jawatan Mufti dan Kadi. Bahwa beliau memperoleh 11 anak, namun yang dicantumkan Yusuf Khalidi dalam bukunya yang tersebut hanya tiga orang saja yaitu Al-Alim al-Allamah Mufti Abdul Jalil, Al-Alim al-Allamah Haji As’ad Fakhruddin dan Aminah.

Anak beliau yang pertama Al-Alim al-Allamah Mufti Abdul Jalil (No. 1) memperoleh anak bernama Zakaria pernah tinggal di Johor karena menyebarkan agama Islam. Zakaria bin Mufti Abdul Jalil bin Syekh Syihabuddin al-Banjari menikah di Mersing, memperoleh 13 anak

Sumber instagram @kesultananbanjar_official

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner