Lanjutkan Normalisasi Sungai, Dinas PUPR Banjarmasin Bakal Bangun Lima Jembatan Penghubung | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 13 Oktober 2021

Lanjutkan Normalisasi Sungai, Dinas PUPR Banjarmasin Bakal Bangun Lima Jembatan Penghubung

BERITABANJARMASIN.COM - Menanggapi keluhan warga terkait pembangunan jembatan penghubung pada pembongkaran Jembatan Bangunan Gedung (JBG), Kabid Jembatan Dinas PUPR Kota Banjarmasin, Thomas Sigit Mugiarto beri klarifikasi.

Sigit menjelaskan bahwa sesuai Surat Edaran (SE) terkait prototipe JBG, maka tidak akan ada lagi pondasi ataupun tiang yang berada di bawah jembatan. "Karena dapat menghambat aliran sungai, jika ada tiang pondasi," ujarnya, Rabu (13/10/2021).

Karena jembatan berada di atas 20 sentimeter dari permukaan air pasang.

Jika pondasi tetap dibuat, maka akan terjadi penyumbatan aliran air terutama pada aliran sungai kecil. Untuk itulah kenapa jembatan penghubung sementara dibuat hanya dari penyusunan papan kayu. "Pada pembuatan jembatannya nanti juga tidak ada pondasi," ucapnya.

Ia juga menyebutkan akan ada lima titik jembatan penghubung yang akan dibangun pihaknya setelah selesai pengerukkan sungai.

Adapun lima titik itu, di Jalan Pandu, Gang Permata, Gang TVRI, Gang Andin Rama, dan jalan masuk SD Muhammadiyah 9. "Sekitar Rp1,8 miliar anggaran yang dipersiapkan dalam program normalisasi serta pembangunan jembatan," urainya.

Sementara program normalisasi sungai dikawasan lainnya, akan dilakukan pada tahun depan di APBD murni 2022. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only