Terima Penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka, Dispersip Kalsel Gelar Syukuran | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Rabu, 22 September 2021

Terima Penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka, Dispersip Kalsel Gelar Syukuran

BERITABANJARMASIN.COM - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Provinsi Kalimantan Selatan menggelar acara syukuran atas keberhasilan Dispersip Kalsel meraih penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka yang diselenggarakan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia. 

Acara yang digelar di aula kantor Dispersip Kalsel dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 ini dihadiri Gubernur Kalsel Sahbirin Noor, Rabu (22/9/2021)

Dalam sambutannya, Paman Birin mengucapkan selamat dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kadispersip Kalsel, Nurliani yang telah mendapatkan penghargaan Nugra Jasa Dharma Pustaloka. 

"Mudah-mudahan dengan diraihnya beberapa penghargaan ini, dapat memacu semangat kita semua untuk terus berkarya dan mengharumkan nama Banua di tingkat nasional dan bahkan di tingkat internasional," harapnya. 

Lebih lanjut, Paman Birin menyampaikan perjuangan membangun literasi masyarakat di Kalsel tentu tidak mudah. Meskipun Kalsel menempati peringkat pertama se Indonesia dengan Indeks Pembangunan Literasi tertinggi dengan nilai 48,7 persen, tentu bukan sebuah prestasi yang datang secara kebetulan dan tiba-tiba. 

Menurut Paman Birin, pemerintah sangat menyadari bahwa pembangunan literasi menjadi tulang punggung kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di masa yang akan datang. Oleh karena itu, pemerintah terus berupaya semaksimal mungkin menyiapkan pelayanan yang terbaik dan akses literasi yang seluas-luasnya bagi masyarakat yang ada di Banua. 

"Dengan begitu, saya berharap ke depan minat baca masyarakat kita terus tumbuh dan berkembang. Sehingga akan lahir masyarakat yang cerdas, produktif dan kreatif ke depannya," tambahnya. 

Sementara, Kadispersip Kalsel Nurliani menyampaikan keberhasilan ini merupakan kerjasama dan dukungan dari Pemerintah Provinsi Kalsel, para budayawan, komunitas-komunitas literasi, para wartawan dan seluruh masyarakat Kalsel. 

"Jadi itu modal yang dimiliki Kalsel yaitu semua stake holder dan lintas komunitas bahu-membahu untuk membumikan Iqra (membaca) dan mewujudkan Kalsel Cerdas," jelasnya. 

Nurliani menambahkan penghargaan ini tentunya semakin memacu dan memberi motivasi kepada Dispersip Kalsel untuk lebih meningkatkan lagi pelayanan-pelayanan yang prima kedepannya.

Diketahui, ajang Gemilang Perpusnas 2021 merupakan agenda tahunan yang memberikan penghargaan kepada pihak yang berkontribusi pada kemajuan Perpustakaan dan budaya baca di Indonesia. 

Dalam ajang tersebut, Kalsel mendapatkan tiga penghargaan yaitu penghargaan pertama diterima Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atas IPL Kalsel tertinggi secara nasional. Kemudian anugerah Nugra Jasa Dharma Pustaloka untuk Kadispersip Kalsel Nurliani serta Nugra Jasa Pustaloka untuk Bupati HSU Abdul Wahid HK. (fitri/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner