Pemkab Tanbu Raih Penghargaan APE Tahun 2021 Kategori Pratama Kementerian P3A Republik Indonesia | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 27 September 2021

Pemkab Tanbu Raih Penghargaan APE Tahun 2021 Kategori Pratama Kementerian P3A Republik Indonesia


BERITABANJARMASIN.COM - Kabupaten Tanah Bumbu raih Penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2021 Kategori Pratama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Republik Indonesia. 

APE merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian/lembaga dan pemerintah daerah yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak.

Penerimaan Penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2021 sebagai salah satu bentuk nyata penghargaan bagi pencapaian kesejahteraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak di daerah. Penyerahan Pengharhaan ini di terima di Ruang Kerj Bupati Tanah Bumbu, Senin (27/09/2021).

Penghargaan ini sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para pimpinan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam strategi pengarusutamaan gender (PUG).

Bupati Tanah Bumbu dr. H.M Zairullah Azhar memberikan apresiasi kepada Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) yang telah menginisiasi diselenggarakannya Anugrah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2021 sebagai salah satu bentuk nyata penghargaan bagi pencapaian kesejahteraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak di daerah.

Ia menyampaikan, saat ini pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu telah berkomitmen melaksanakan percepatan pengarusutamaan gender sesuai Amanat Presiden No 9 Tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender yang merupakan strategi untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender.

Ini semua merupakan bentuk keberhasilan Kabupaten Tanah Bumbu dalam mengimplementasikan 7 prasyarat PUG sebagai strategi pembangunan Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak, sehingga pada pelaksanaannya, Kabupaten Tanah Bumbu mengangkat critical issue dalam program PUG, diantaranya meningkatkan pemahaman sumber daya manusia (SDM) dan kapasitas lembaga berkaitan dengan perencanaan dan penganggaran yang berperspektif gender. Serta mengawal kesepakatan pemerintah daerah dalam hal urgensi dan pentingnya (melaksanakan) strategi PUG untuk meningkatkan kesetaraan laki-laki dan perempuan.

“Alhamdulillah, Kabupaten Tanah Bumbu telah menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya tingkat PRATAMA tahun 2021. Semoga upaya kita menciptakan keadilan bagi SDM perempuan yang memiliki potensi diberbagai bidang pembangunan bisa terwujud dan Penghargaan ini harus dipertahankan dan di tingjkatkan, kami harus menjadi lebih baik lagi, terima kasih kepada semua nya” ujar Bupati Zairullah.

Lebih Lanjut Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Tanah Bumbu Narni menerangkan Penghargaan yang diberikan kepada pemerintah daerah yang berkomitmen dan mendukung pelaksanaan Pengarusutamaan Gender (PUG) di kabupaten/kota nantinya diharapkan akan benar-benar mampu menciptakan keadilan bagi SDM perempuan yang memang benar memiliki potensi di berbagai bidang pembangunan.

“Dengan diterimanya penghargaan APE kategori pratama semakin meningkatkan motovasi kerja kami terutama pokja PUG dan akan mengadvokasi lembaga masyarakat, dunia Usaha dan media untuk berpartisipasi dalam pembangunan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak sehingga APE di tahun mendatang bisa kami peroleh dengan kategori Utama sesuai target di dalam RPJMD tahun 2021 s.d 2026,” pungkas Narni. (adv)


 

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only

close
pop up banner