Aleg DPRD Kalsel Sampaikan Pentingnya Penerapan Logbook untuk Kelestarian Sumber Daya Ikan | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 27 September 2021

Aleg DPRD Kalsel Sampaikan Pentingnya Penerapan Logbook untuk Kelestarian Sumber Daya Ikan

BERITABANJARMASIN.COM - Nelayan di Kalsel diharapkan Benar-benar mengetahui dan memahami penerapan Logbook penangkapan ikan bagi kelestarian sumber daya ikan.

Anggota Komisi II DPRD Kalsel, M Yani Helmi menagtakan harapan itu telah disampaikannya saat menjadi salah satu nara sumber dalam "Temu Koordinasi Penerapan Logbook Penangkapan Ikan" yang diselenggarakan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kalsel. 

Menurutnya, kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada nakhoda dan pemilik kapal terkait kewajiban pelaporan kegiatan perikanan dan operasional harian kapal penangkap ikan melalui Logbook Penangkapan Ikan.

Dirinya menilai kegiatan ini sangat penting dilaksanakan agar semua nelayan di Kalsel benar-benar mengetahui dan memahami penerapan Logbook penangkapan ikan bagi kelestarian sumber daya ikan hingga hari ini (25/9/2021).

Menurutnya melalui kegiatan ini tidak hanya bagus untuk nelayan di Kotabaru namun juga seluruh wilayah di Kalsel yang memiliki potensi perairan dan kelautan seperti Tanbu, Tala, Kab Banjar dan ujung wilayah Kab Batola.

"Dengan penerapan log book ini maka data sumber daya ikan yang dihasilkan di Kalsel bisa lebih akurat," ujarnya.

Selain itu, dari kegiatan juga diharapkan kendala-kendala yang dihadapi para nelayan ketika melaut dapat dideteksi lebih awal dan segera dicari solusinya.

Sementaraitu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalsel, Rusdi Hartono  menyampaikan pihaknya terus berupaya untuk meningkatkan kemampuan para nelayan dalam mengisi logbook penangkapan ikan. 

"Kita tidak akan keluarkan Surat Persetujuan Berlayar kalau tidak ada logbooknya," tegasnya.

Mengingat kata dia hal ini sangat penting sehingga produksi tangkapan ikan di Kalsel dapat tercatat dengan baik dan untuk merumuskan kebijakan selanjutnya. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only