Pemberdayaan Masyarakat Desa di Kalsel Diharapkan Meningkat | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Senin, 06 September 2021

Pemberdayaan Masyarakat Desa di Kalsel Diharapkan Meningkat


BERITABANJARMASIN.COMMasyarakat diharapkan dapat menggali potensi memberdayakakan desa melalui Perda Kalsel Nomor 4 Tahun 2016 tentang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

Penyebarluasan Perda ini dilakukan anggota Komisi III DPRD Kalsel, Hasanuddin Murad bertempat di Kecamatan Handil Bakti Kabupaten Barito Kuala (5/9/2021).

Sejauh ini banyak produk regulasi DPRD berupa perda tidak diketahui masyarakat karena minimnya informasi dan upaya publikasi ke publik.

Ia berharap melalui peran Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kalsel, implementasi perda dapat diketahui khalayak luas dan dapat diterapkan di untuk bisa mengembangkan potensi desa yang ada.

"Melalui perda ini kita harapkan masyarakat mengetahui sehingga bisa memberdayakan desanya," ucapnya kepada BeritaBanjarmasin.com

Selain itu katanya perlu diluruskan pola pemahaman masyarakat yang lebih memilih merantau dan mengadu nasib di pusat kota. Karena dianggap mempuni untuk memperbaiki perekonomian. Padahal, lanjutnya alangkah baiknya meningkatkan pemberdayaan di desa disamping menyiapkan SDM maupun keahlian yang dimiliki. "Stigma selama ini di masyarakat harus merantau ke kota dan bersaing agar tidak tertinggal," jelasnya.

Hal senada disampaikan Camat Alalak Kabupaten Batola, Muhammad Sya'rawi bahwa perlu mengedukasi keahlian maupun SDM dengan melihat potensi keunggulan di setiap desa. 

Sehingga lanjutnya pemberian keterampilan juga harus disesuaikan dengan hal menonjol di daerah tersebut apakah pertanian, peternakan, perkebunan, budi daya ikan, kerajinan tangan dan lainnya. "Termasuk memaksimalkan potensi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)," katanya.

Selain itu terangnya yang saat ini perlu ditingkatkan adalah intensitas pelatihan dan berbagai ragam metode pelatihan yang dibutuhkan pemerintah desa untuk memberdayakan dan mendorong pembinaan masyarakat yang lebih maju. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only