Curah Hujan Tinggi, Pemkot Banjarmasin Tetapkan Status Waspada Banjir | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 16 September 2021

Curah Hujan Tinggi, Pemkot Banjarmasin Tetapkan Status Waspada Banjir

BERITABANJARMASIN.COMPemerintah Kota Banjarmasin menetapkan status waspada banjir. Hal itu disampaikan Plt Kepala BPBD Kota Banjarmasin, Edy Wibowo.

Menurutnya penetapan status tersebut sesuai prediksi BMKG dengan terus terjadinya peningkatan hujan beberapa hari terakhir. Banjir sendiri bisa terjadi dikarenakan sering terjadinya hujan baik dari skala ringan maupun berat, sehingga debit air di laut meningkat.

"Kami mulai menetapkan status waspada banjir untuk Banjarmasin," ucapnya, Rabu (15/9/2021).

Untuk itu, lanjut Edy pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas PUPR Kota Banjarmasin agar melakukan pembersihan secara rutin drainase maupun aliran sungai.

Sebab jika ada sampah tersangkut dan memenuhi dasar atau pinggiran sungai, ini juga akan mengurangi kapasitas aliran sungai untuk menampung air hujan yang lebat. "Kami terus lakukan upaya pencegahan," ujarnya.

Mengingat sebelumnya Ibu Kota Provinsi Kalsel tersebut, pernah mengalami musibah banjir diawal tahun 2021 lalu. Sebelumnya, Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina telah menginstruksikan terhadap Kecamatan hingga Kelurahan untuk melakukan kegiatan bersih - bersih drainase maupun aliran sungai kecil.

Bahkan Pemkot merencanakan kegiatan bersih - bersih tersebut secara bersamaan di dua kawasan jalur utama aliran sungai, yakni kawasan Jalan A Yani dan Veteran.

Sehingga masyarakat kota baiman tersebut bisa mengantisipasi akan adanya musibah banjir ditengah masih mewabahnya pandemi Covid 19 saat ini. (arum/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only