TNI AL- Lanal Banjarmasin Dukung Pemenuhan Kebutuhan Plasma Konvalesen | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Jumat, 13 Agustus 2021

TNI AL- Lanal Banjarmasin Dukung Pemenuhan Kebutuhan Plasma Konvalesen

BERITABANJARMASIN.COM - Dengan tingginya angka kasus Covid-19 permintaan donor darah Plasma Konvalesen pun meningkat terutama dari masyarakat Maritim (Pesisir).

Dalam rangka pemenuhan ketersediaan Donor Plasma Konvalesen untuk PMI tersebut AL - Lanal Banjarmasin bekerja sama dengan Komando Armada Armada II (Koarmada) dan PMI Banjarbaru menggelar donor darah serentak dan donor Plasma Konvalesen (12/8/2021).

Sebanyak 11 orang peserta donor Plasma Konvalesen dan yang lolos Screaning 3 orang, sedangkan peserta donor darah serentak 84 orang dan yang lolos Screaning 63 orang. 

Adapun yang mengikuti kegiatan tersebut dari TNI AL, PNS, masyarakat Maritim (Pesisir) dan personel perwakilan dari unsur TNI - Polri di Wilayah Kalsel.

Pjs. Ka. BP (Balai Pengobatan) Lanal Banjarmasin Mayor Laut (K/W) dr. Meutia 
mengatakan donor darah serentak ini akan menambah kekurangan stok darah PMI di Kalsel.

Dirinya memaparkan persyaratan utama bagi donor Plasma Konvalesen antara lain usia 18 - 60 tahun, berat minimal 55 kg, diutamakan laki laki (jika perempuan belum pernah hamil), pernah terkonfirmasi Wabah Covid-19 (dibuktikan dengan surat keterangan hasil Laboratorium), surat keterangan dinyatakan sembuh/sehat dari Fasyankes, tidak memiliki gejala sisa minimal 14 hari sebelum donor dan tidak menerima transfusi darah selama 3 bulan terakhir.

Lebih jauh disampaikannya, donor plasma konvalesen termasuk metode terapi tambahan yang dilakukan dengan memberikan Plasma orang yang telah sembuh dari wabah Covid-19, kepada pasien Covid-19 yang sedang dirawat, tindakan ini bertujuan untuk pasien yang berjuang untuk sembuh. 

"Pendonor yang lolos screaning akan melaksanakan donor Plasma Konvalesen dengan menggunakan mesin Apheresis," jelasnya 

Sementara itu Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko, M.Tr.Hanla mengajak masyarakat untuk bersama mendonorkan darah Plasma guna membantu warga yang membutuhkannya. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only