Lakukan Swab Antigen untuk Atlet, KONI Kalsel Siaga PON Papua XX 2021 | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Minggu, 11 Juli 2021

Lakukan Swab Antigen untuk Atlet, KONI Kalsel Siaga PON Papua XX 2021

BERITABANJARMASIN.COM - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalsel melaksanaan swab antigen Sabtu, (10/7/2021) kepada para atlet dan pelatih yang akan mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 Papua.

Ketua KONI Kalsel, Bambang Heri Purnama mengatakan langkah ini sebagai antisipasi agar tim Kalsel yang ikut dalam PON Papua tidak kebobolan.

"Karena sayang, kita membina cukup lama sejak 2017 apalagi nanti mereka atlet andalan kita," ujarnya.

Kalau keadaan darurat, terang ia, pelaksanaan swab antigen akan digelar dua minggu sekali yang mana dalam keadaan normal pihaknya melakukan satu bulan sekali saja.

"Kita tidak mau atlet positif atau reaktif, lebih dini diantisipasi kalau pun ada akan diatasi," katanya.

Bagi hasil yang dinyatakan positive akan langsung ditangani tim kesehatan yang dimiliki KONI Kalsel. Dimana, jelas ia, bagi yang dinyatakan reaktif swab antigen akan langsung dilakukan PCR dan dirawat.

Selain itu melonjaknya angka kasus Covid-19 di Pulau Jawa juga berdampak pada persiapan yang mengharuskan para atlet tidak keluar daerah untuk melakukan uji coba.

Sementara itu, Ketua Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) KONI Kalsel, Ir Gusti Perdana Kesuma mengatakan peserta yang mengikuti swab ini tidak hanya dari atlet dan pelatih namun juga yang melakukan kontak langsung dengan mereka seperti tim wasaka, pengurus dan staf KONI Kalsel.

Menurut Gusti hal ini sebagai antisipasi adanya Orang Tanpa Gejala atau (OTG) yang bisa menularkan Covid-19. "Kita menjaga jangan sampai ada dan menularkan ke lain," ucapnya. 

Adapun dalam pelaksanaan tersebut digelar dengan protokol kesehatan (prokes) ketat seperti mengenakan masker, mencuci tangan dan menghindari kerumunan.
(maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only