Makna Pancasila bagi Dosen Uniska MAB | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Minggu, 30 Mei 2021

Makna Pancasila bagi Dosen Uniska MAB

BERITABANJARMASIN.COM - Hari Lahirnya Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni, Dalam sejarah lahirnya Pancasila adalah judul pidato yang disampaikan oleh Soekarno dalam sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan.

Dalam pidato inilah konsep dan rumusan awal "Pancasila" pertama kali dikemukakan oleh Soekarno sebagai dasar negara Indonesia merdeka.

Kepada Beritabanjarmasin.com, dosen Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Albanjari (Uniska MAB), DR Jarkawi mengatakan Pancasila sudah menjadi bagian kehidupan bangsa dan sudah dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. 

"Lahirnya Pancasila itu perlu disemangati. Karena di sana ada saling toleransi, saling menerima, saling asah dan saling asih," kata Jarkawi, Minggu (30/5/2021).

Jarkawi juga menyatakan salut terhadap Para Tokoh pendiri Bangsa yang merangkai sila demi sila tersebut.

"Saya salut dengan kata Esa. Juga sila-sila yang lainnya dalam Pancasila. Luar biasa itu kreatif berpikirnya para pendiri negara ini," sebut dia.

Dikatakan dia, saat ini rekonstruksi strategi pembelajaran harus lebih banyak dengan model, lebih banyak dengan contoh-contoh penanaman nilai yang sehari-hari dialami oleh siswa dan materinya diingatkan jangan sama seluruh Indonesia.  "Satu daerah ada penanaman nilai-nilai sosial seperti apa. Ada gotong royong," ujar dia.

Pengalaman lama dari siswa juga perlu di gali dengan menyampaikan informasi, terjadilah pengetahuan baru. Sehingga dengan pengetahuan baru tersebut siswa dituntut untuk terus berpikir.

Hal ini menururnya mengingat pengalaman siswa berbeda-beda antar satu daerah dengan daerah lainnya. Jarkawi menegaskan, kasus-kasus atau ilustrasi-ilustrasi atau narasi-narasinya itu sangat memperhatikan kearifan lokal dan dalam nilai-nilai kepancasilaan. (fitri/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only