Harga Jual Hasil Tani Gunung Ulin Anjlok, DPRD Kalsel Bakal Panggil 4 SKPD | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

VIDEO BERITA

Jumat, 07 Mei 2021

Harga Jual Hasil Tani Gunung Ulin Anjlok, DPRD Kalsel Bakal Panggil 4 SKPD

BERITABANJARMASIN.COMDPRD Kalsel akan memanggil empat SKPD Pemprov Kalsel menindaklanjuti anjloknya harga jual hasil pertanian dan perkebunan lokal di Gunung Ulin, Kecamatan Pulau Laut Utara, Kabupaten Kotabaru. 

Hal ini sebagaimana disampaikan Anggota Komisi II DPRD Kalsel, M Yani Helmi yang akan segera memanggil Dinas Perdagangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura, Ketahanan Pangan hingga perkebunan ditingkat Kalsel.

Selain anjlok, hasil pertanian yang digarap warga disana pun ternyata masih kalah bersaing dengan kabupaten dan provinsi lain. Bahkan Sulawesi, Tanah Laut dan Banjar dikabarkan telah menguasai pendistribusian di pasar tradisional di wilayah itu hingga hari ini (7/5/2021).

"Kita akan memanggil SKPD terkait untuk berdiskusi dalam menyelesaikan permasalahan ini," ujar anggota komisi yang membidangi ekonomi dan keuangan tersebut.

Politikus Golkar itu juga menginginkan adanya pola yang tepat agar hasil pertanian dan perkebunan milik masyarakat lokal di wilayah tersebut bisa menguasai pangsa pasar minimal di daerahnya sendiri kalau perlu di kota besar seperti di Banjarmasin. 

Perwakilan petani di Desa Gunung Ulin,  Kotabaru, Abdul Wahid saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Dirinya meminta perhatian serius Pemerintah baik dalam bentuk strategi penjualan, penyuluhan secara berkala maupun menjaga kualitas sampai dengan teknik pembibitan yang benar.

Hal senada disampaikan Kepala Dusun Desa Gunung Ulin, Syahrin bahwa harga hasil pertanian maupun perkebunan yang mereka jual dan dibawa ke kota besar rata-rata ternyata selalu mengalami kerugian hingga anjlok dipasaran. (maya/sip)

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only