Camat Teluk Kepayang Dituntut Mampu Bergerak Cepat Dalam membangun Daerahnya | Berita Banjarmasin | Situs Berita Data & Referensi Warga Banjarmasin

Kamis, 27 Mei 2021

Camat Teluk Kepayang Dituntut Mampu Bergerak Cepat Dalam membangun Daerahnya


BERITABANJARMASIN.COM - Teluk Kepayang merupakan kecamatan baru di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Bupati Tanbu, H Zairullah Azhar Minta agar Camat Teluk Kepayang dituntut mampu bergerak cepat dalam membangun daerahnya, Kamis (27/5/2021).

Kecamatan Teluk Kepayang, menjadi salah satu kecamatan yang berbatasan langsung dengan kabupaten tetangga.

Sebagai camat pertama yang diberikan amanah untuk memimpin kecamatan itu, Camat Teluk Kepayang, Joni Suwarno
telah melakukan berbagai gerakan dan juga mensosialisasikan berbagai program pembangunan ke desa-desanya.

Kegiatan itu dilaksanakan secara terencana dan terjadwal. Dengan menyerahkan seluruh stakeholder yang ada, khususnya lintas sektoral Kecamatan Teluk Kepayang.

Sosialisasi itu diantaranya tentang pelantikan camat dan seluruh pejabat Kecamatan Teluk Kepayang pada tanggal 18 April 2021 lalu oleh Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar sebagai pertanda dimulainya pelayanan.

Sejak itu, semua desa diwilayah Teluk Kepayang disambangi satu persatu oleh Camat Joni Suwarno dan jajarannya.

Joni mengungkapkan, kunjungan itu dalam rangka menjalin silaturahmi sekaligus sosialisasi program pembangunan Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, serta menggali informasi penting tentang kebutuhan mendasar dan persoalan- persoalan yang ada di masyarakat.

Seperti pada Selasa 25 Mei 2021 lalu. Camat dan unsur terkait melaksanakan pembinaan dan monitoring pembangunan ke Desa Dadap Kusan Raya.

Desa Dadap Kusan Raya adalah salah satu dari tiga desa yang berada di daerah perbatasan dengan Kabupaten Banjar. Letak desa itu sendiri berada di daerah Pegunungan Meratus.

Dari hasil interaksi dengan masyarakat dalam kunjungan itu, Joni menyampaikan beberapa hal mendasar yang dibutuhkan masyarakat di wilayah itu.

“Seperti akses jalan dan jembatan yang mendesak dibutuhkan. Karena satu – satunya asked yang ada, berada dalam kondisi sangat memprihatinkan dan terpotong pula oleh dua sungai yang cukup dalam,” jelas Joni.

Selain itu, sebagai penunjang penghasilan rumah tangga, mereka juga memerlukan bantuan bibit komoditas perkebunan seperti karet, sawit dan jengkol sebagai komoditas yang mudah dikembangkan dan cocok di daerah tersebut.

Dan juga bibit tanaman palawija, rempah-rempah dan sayur mayur lainnya. Ini juga akan sangat membantu meningkatkan perekonomian warga di wilayah itu, karena relatif cepat menghasilkan.

Joni menerangkan, pihaknya juga telah menyiapkan dan menetapkan Rencana Kerja Kegiatan yang sama untuk semua desa yang berada di Teluk Kepayang.

“Kita tak akan berhenti sampai disini saja. Namun kegiatan ini akan terus kami lakukan ke semua desa, dan kami ingin berdialog langsung dengan masyarakat yang selama ini mungkin jarang keluar dari lingkungan desanya,” sampai Joni.

Joni juga mengerharapkan dukungan dari semua pihak untuk mendukung program pembangunan di Kecamatan Teluk Kepayang.

“Sebagai kecamatan baru, kami mesti mulai dari “titik NOL”, jadi kunjungan ke desa itu akan terus berulang kami lakukan,” tegasnya.

Dalam kunjungan monitoring ke Desa Dadap Kusan Raya itu, Camat mengikut sertakan Sekcam, Kasi Pemerintahan, Pendamping Desa beserta Babinsa desa. Dengan menggunakan sepeda motor trail, rombongan kembali pada hari Rabu tanggal 26 Mei 2021. (adv)


 

Posting Komentar

favourite category

...
test section describtion

Whatsapp Button works on Mobile Device only